Minggu Trinitatis di HKBP Batu Aji Baru, Resort Sungai Langkai, Distrik XX Kepulauan Riau




Minggu Trinitatis, 04 Juni 2023, Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, melayankan khotbah di HKBP Batu Aji Baru, Resort Sungai Langkai, Distrik XX Kepulauan Riau. Kebaktian ini dirangkai dengan pesta pembangunan dan pesta ulang tahun jemaat HKBP Batu Aji Baru yang ke-29 tahun. Rangkaian acara telah dimulai sejak hari Sabtu, 03 Juni 2023 dengan melaksanakan Malam Nada & Dana.


Acara pada hari Sabtu malam mendatangkan artis populer Batak terkenal yang sedang viral saat ini, yakni Senada Trio, dan beberapa artis lokal dari Batam. Total dana yang terkumpul pada Malam Nada & Dana tanggal 03 Juni 2023 sebesar Rp.67.150.000,00 (Enam puluh tujuh juta seratus lima puluh ribu rupiah).


HKBP Batu Aji Baru ini berdiri atas dampak dari program pemerintah, tepatnya bulan Oktober 1992. Pada waktu itu pemerintah Kota Batam merelokasi penduduk dari lokasi Rumah Liar (Ruli) Tanah Longsor, yang penduduknya adalah mayoritas Jemaat HKBP Lubuk Baja, Resort Batam - Singapura. Awalnya penduduk/warga kavling Batu Aji Baru beribadah dan terdaftar sebagai anggota jemaat di HKBP Batu Aji Lama, Resort Batam, yang telah lebih dulu berdiri pada, sekitar tahun 1990. Seiring semakin bertambahnya jumlah penduduk dan sebagai akibat dari arus urbanisasi yang datang dari berbagai daerah, maka jumlah penduduk Batu Aji Baru semakin bertambah. Lalu pada Februari 1993, terbentuklah Lingkungan V (Lima) Batu Aji Baru, khusus Jemaat HKBP Batu Aji Lama, yang tinggal di wilayah Kavling Batu Aji Baru. Bersamaan dengan dibentuknya lingkungan V ini, maka kebaktian Anak Sekolah Minggu (SKM) juga diadakan di Kavling Baru, setiap Minggunya dengan bergantian di rumah Jemaat.



Pada tanggal 22 Mei 1994, Kebaktian Minggu untuk pertama kalinya dilaksanakan di Lingkungan V ini dan sekaligus peresmiannya sebagai Pos Parmingguan Lingkungan V, Batu Aji Baru, dipimpin oleh pendeta resort Batam - Singapura, Pdt. Midian K. H. Sirait, Cal. Gr. S. M. Hutajulu & Bvr. br. Hutajulu. Kemudian Minggu, 21 Agustus 1994, tiga orang calon sintua ditahbiskan di HKBP Batu Aji Lama, yaitu: St. M. Lubis/br. Marpaung, St. A. Gultom/br. Pasaribu & St. S. Purba/br. Manullang. Ketiga sintua inilah parhalado pertama di Pos Parmingguan HKBP Batu Aji Baru.

Minggu, 25 Februari 1996 adalah Minggu kebaktian pertama setelah Pos Parmingguan menjadi Persiapan Jemaat Penuh (persiapan huria na gok), yang langsung dipimpin oleh pendeta HKBP Resort Batam - Singapura, Pdt. Midian K. H. Sirait dan Liturgis, St. B. Sibagariang dari HKBP Lubuk Baja. Pada hari Sabtu-Minggu, 18-19 Mei 2002, diadakan Pesta Peresmian Jemaat Penuh (huria na gok) dan Pesta Pembangunan HKBP Batu Aji Baru. Pada hari Sabtu, 18 Mei 2002, diadakan peletakan batu pertama pembangunan gedung gereja HKBP Batu Aji Baru yang dipimpin oleh Pdt. Welman Tampubolon, S.Th., Pareses HKBP Distrik XV Sumbagsel dan Pdt. M. M. Simanjuntak, Sm.Th., pendeta reseort sekaligus pelaksana Praeses HKBP Persiapan Distrik XX Kep. Riau. Pada saat peresmian huria na gok ini, jumlah anggota jemaat sudah berjumlah 227 KK, dengan 6 lingkungan.

Pada Hari Minggu, 19 Mei 2002, HKBP Batu Aji Baru Resmi menjadi Gereja Mandiri (Huria na gok) dengan nama: HKBP Batu Aji Baru, Resort Batam, Distrik XX Kep. Riau. Pada Tanggal 28 April 2013, HKBP Batu Aji Baru resmi menjadi HKBP Persiapan Resort Sungai Langkai dan diresmikan oleh praeses HKBP Distrik XX Kep. Riau, Pdt. David F. Sibuea, M.Th., D.Min., pada tanggal 15 September 2013 dan Pdt. Edward M. Siahaan, S.Th., menjadi pendeta resort pertama. Saat ini HKBP Batu Aji Baru dipimpin oleh Pdt. Daniel R.A. Tampubolon, S.Th., sebagai pendeta resort, Pdt. Janry Simanjuntak, S.Th., sebagai pendeta fungsional, Diak. Risma Junita Siregar, Gr. Domutua Sinaga, S.Pd.K., dan Bvr. Tetty br. Hutapea yang merupakan SP dari Praeses HKBP Distrik XX Kep. Riau.


Hingga Bulan Mei 2023, statistik HKBP Batu Aji Baru adalah sebagai berikut:

 Jumlah Jemaat: 704 KK, yang terdiri dari: Ruas Ama: 640 Jiwa, Ina: 641 Jiwa, Naposo Baoa: 229 Jiwa, Naposo Boru: 206 Jiwa, Remaja Baoa: 181, Remaja Boru : 180 Jiwa, ASM Baoa : 348 Jiwa, ASM Boru : 308 Jiwa, Total: 2.771 Jiwa,

 Tersebar di 22 Lingkungan Dilayani 11 orang sintua Ina dan 30 orang sintua Ama, Jumlah keseluruhan Sintua: 41 orang



Atas upaya Jemaat dan bantuan dari para donatur serta dukungan dari pemerintah lewat para anggota legislatif, Gereja HKBP Batu Aji Baru boleh berdiri seperti yang ada saat ini beserta Gedung Rumah Dinas Fulltimer, Kantor, Gedung SKM dan Fasilitas lainnya. Pesta Pembangunan kali ini diharapkan dapat mengumpulkan dana sebesar 500 juta untuk dapat melakukan pembangunan komplek gereja dan fasilitas lainnya termasuk pengadaan AC di dalam gedung gereja. DK-NXC


Pustaka Digital