PASTORAL COUNSELING: KLINIS, ANAK, DAN OKULTISME HARI PERTAMA

Pastoral counseling: klinis, anak, dan okultisme merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Biro Pembinaan – Departemen Koinonia HKBP. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 06 Februari 2023 – Jumat, 10 Februari 2023, bertempat di Nommensen Christian Centre (NCC), Seminari HKBP, Sipoholon. Dihadiri oleh 40 pendeta yang berasal dari berbagai distrik HKBP yang berada di wilayah Sumatera Utara. Kegiatan ini dimulai dengan ibadah pembukaan yang dipimpin oleh Pdt. Samuel Sigalingging, M.Th dan kata sambutan yang disampaikan oleh kepala biro pembinaan Pdt. Dr. Enig Sonatha Aritonang, juga oleh Kepala Departemen Koinonia Pdt. Dr. Deonal Sinaga melalui zoom.





Sesi yang pertama dan kedua pada hari ini disampaikan oleh Ibu Nancy Naomi Aritonang, M.Psi yang merupakan dosen psikologi klinis dari Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen, Medan. Di sesi yang pertama, Ibu Naomi menyampaikan mengenai dasar-dasar untuk menjadi seorang konselor yang baik, yang mau mendengarkan keluh kesah dari konsilinya, mau menggali permasalahan sebenarnya yang dialami oleh konsili, dan memberikan solusi yang tepat kepada konsilinya. Dalam sesi yang pertama ini juga Ibu Naomi menyampaikan mengenai tahapan-tahapan yang harus dilakukan oleh konselor dalam melakukan pendampingan kepada jemaat, baik dari mulai anak-anak hingga ke orang dewasa.


Di dalam sesi yang kedua, Ibu Naomi dan para peserta lebih banyak melakukan penyelesaian masalah dan praktik pendampingan pastoral kepada konsili. Di sesi ini, peserta terlihat antusias di dalam menyelesaikan beberapa masalah dan mempraktikkan pendampingan kepada konsili dengan berbagai bentuk masalah. Baik itu pendampingan kepada pada suami istri, anak-anak, remaja, dan orang dewasa.


Hari pertama kegiatan ini ditutup oleh ibadah malam yang dipimpin oleh Pdt. Febrisa Miranti Silaban yang melayani di HKBP Matio Resort Paindoan Distrik XI Toba Hasundutan. (VBM)


Pustaka Digital