Pertemuan Hari Kedua Gereja Anggota Bersama Sekretaris Umum LWF

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan dalam rangka kunjungan Sekjen LWF ke Pearaja Tarutung, pada hari ini diadakan pertemuan kepada gereja anggota LWF yang ada di Indonesia. Pertemuan hari ini dimulai sejak pukul 10.30 WIB di Gedung Raja Pontas Lumbantobing, setelah sebelumnya para tamu terlebih dahulu mengunjungi (visit tour) di Kantor Pusat HKBP. (Kamis, 23 November 2023) 


Pertemuan Pimpinan Gereja hari ini berfokus membicarakan penguatan hubungan komunal di Indonesia. Dimulai dengan presentasi dari ketua KN-LWF Pdt. Dr. Robinson Butarbutar yang menguraikan visi, misi dan pelayanan KN-LWF. Poin penting pertemuan ini ada pada Rev. Anne Burghardt sebagai Sekretaris Umum LWF yang bergabung dari kantor pusat LWF di Jenewa, Switzerland. Kehadirannya menjadi bukti persatuan dan solidaritas global dalam Federasi Lutheran Dunia, dan merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk mengundangnya berpartisipasi dalam pertemuan di Kantor Pusat HKBP di Indonesia.

Kesempatan ini sangat penting, tidak hanya untuk merayakan iman kita bersama, tetapi juga untuk merefleksikan inisiatif dan kemitraan yang berdampak dan telah membentuk perjalanan kita sebagai komunitas Lutheran di Indonesia. Kami menggunakan momen ini untuk mengungkapkan rasa terima kasih yang tulus atas dukungan dan kolaborasi yang tak tergoyahkan dari LWF Global, terutama selama masa-masa yang penuh tantangan seperti pandemi yang sedang berlangsung dan berbagai bencana yang melanda negara kita.


Anne Burghardt menyampaikan pidato yang menyoroti esensi dari visi LWF, yang menekankan bahwa kita "dimerdekakan oleh kasih karunia Tuhan, sebuah persekutuan dalam Kristus yang hidup dan bekerja bersama untuk dunia yang adil, damai, dan berdamai." Pidatonya menekankan panggilan untuk menawarkan harapan dan menjadi pembawa pesan rekonsiliasi, mendorong demonstrasi praktis dari kasih Kristus kepada umat manusia.


Selanjutnya, para pemimpin dari berbagai denominasi gereja seperti GKPI, GKPS, GKPA, GKPPD, dan GKLI berbagi wawasan tentang pelayanan mereka masing-masing, yang berkontribusi pada narasi kolektif tentang pelayanan yang digerakkan oleh iman dan kolaborasi di dalam komunitas Kristen yang beragam di Indonesia.

Pertemuan ini merupakan perwujudan dari persatuan, kolaborasi, dan komitmen bersama dari berbagai denominasi untuk membangun dunia yang adil, damai, dan berdamai, yang menggemakan esensi ajaran dan kasih Kristus bagi umat manusia. (BTIK)

Pustaka Digital