Rapat Perdana Pengurus Yayasan STT HKBP: Para Pengurus Komit Berikan yang Terbaik bagi Lembaga Teologi HKBP

Pada Senin, 19 Februari 2024, secara virtual telah diadakan rapat perdana Pengurus Yayasan STT HKBP. Rapat konsolidasi ini dilakukan setelah Pengurus Yayasan menerima Surat Ketetapan Ephorus HKBP tertanggal 11 Februari 2024 lalu. Surat Ketetapan ini merupakan tindak lanjut dari Keputusan Rapat MPS HKBP, 7-9 Februari 2024, yang menerima dan menyetujui pembentukan Yayasan STT HKBP. Sesuai Surat Ketetapan Ephorus, tugas-tugas utama Yayasan ini antara lain: Melaksanakan penyatuan empat lembaga pendidikan teologi HKBP, mengembangkan dan membuka akses seluas-luasnya untuk meningkatkan kualitas STT HKBP, serta meningkatkan mutu STT HKBP agar para lulusannya dapat memenuhi kebutuhan gereja dan masyarakat yang terus berkembang.

  Rapat perdana yang dihadiri seluruh pengurus yayasan ini berjalan dengan baik, dimulai dari pukul 19.00 – 21.15 WIB, dan menghasilkan beberapa keputusan strategis untuk mempercepat gerak yayasan yang baru terbentuk ini. Latar belakang dan tujuan pembentukan yayasan ini, sebagaimana dipaparkan oleh Ketua Umum Yayasan, Pdt. Daniel Taruliasi Harahap, “ialah untuk membantu Pimpinan HKBP dalam mengelola keempat kampus teologi (STT, STGH, STB, dan STD) milik HKBP di bawah satu payung yayasan, agar lembaga teologi HKBP ini berkembang lebih profesional, efektif, efesien, dan berakreditasi unggul. Selama ini, keempat kampus ini berjalan sendiri-sendiri dan sangat kelelahan memenuhi standar dan tuntutan perundang-undangan. Dengan adanya yayasan ini, keempat kampus akan dikelola di bawah satu badan pengelola sehingga mereka tidak lagi jalan sendiri-sendiri, melainkan menjadi satu kesatuan yang saling menopang.” 



Pada rapat perdana ini, semua anggota Pengurus Yayasan menyatakan komitmen yang sama, yaitu ingin memberikan kontribusi sebaik-baiknya demi menjadikan STT HKBP sebagai lembaga pendidikan teologi yang berkualitas unggul di Indonesia, Asia, dan bahkan dunia. St. Ir. Alusdin Sinaga, Bendahara Umum Yayasan, mengatakan, “Ini adalah pekerjaan Tuhan. Saya akan bekerja dengan sebaik-baiknya agar yayasan ini dapat mengelola dengan baik lembaga teologi HKBP, agar nantinya menghasilkan calon-calon hamba Tuhan yang berintegritas, cerdas, dan mampu menjawab kebutuhan gereja dan masyarakat pada umumnya.”

Rapat berikutnya akan dilaksanakan pada minggu pertama bulan Maret untuk memfinalisasi akta yayasan dan menyusun langkah-langkah kerja selanjutnya.

Berikut nama-nama Pengurus Yayasan STT HKBP Periode 2024-2028:

Ketua Umum              : Pdt. Daniel Taruliasi Harahap, M.Th.

Ketua 1                       : St. Ir. Albert Simanjuntak, MBA.

Ketua 2                       : Josua Sagala, S.Sos

Wakil Ketua 1             : Dra. Sandra Sidabutar

Wakil Ketua 2             : Prof. Dr. Jongkers Tampubolon

Sekretaris Umum        : Pdt. Dr. Jhon Kristo Naibaho

Sekretaris                    : Pdt. Dr. Benny Sinaga

Bendahara Umum       : St. Ir. Alusdin Sinaga

Bendahara                   : Chitra Rosa Herlina Panjaitan, SE.

 

(JKN)

Pustaka Digital