Renungan Harian HKBP | 10 Januari 2024

Doa Pembuka: Marilah kita berdoa! Puji dan syukur kami persembahkan kepadaMu Tuhan pagi hari ini, atas berkat dan pertolongan Tuhan kepada kami yang telah menyelamatkan kami, menyertai kami sepanjang malam ini dan Tuhan telah membangunkan kami pagi hari ini untuk menerima kehidupan yang baru. Sebelum kami memulai aktifitas kami hari ini, kami akan mendengar FirmanMu, bukalah hati dan pikiran kami untuk menerima FirmanMu, supaya iman kami semakin teguh dan kami selalu setia berjalan di jalan yang Tuhan kehendaki. Terimalah doa permohonan kami, di dalam nama Yesus Kristus Tuhan kami. Amin.

Pembacaan Nats : Filipi 4 : 8

Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu”.

Topik : “Pikirkanlah semua yang di kehendaki oleh Allah”.

Saudara yang di kasihi Yesus Kristus, kita telah memasuki tahun yang baru tahun 2024 dan kita telah menjalaninya selama 10 hari. Perjalan yang akan kita tempuh di tahun ini masih sangat lama dan panjang, selama 355 hari lagi. Pada awal tahun seperti ini, kita selalu berpengharapan bahwa tahun yang kita jalani menjadi tahun yang penuh berkat, berkat untuk keluarga kita, berkat untuk pekerjaan kita, berkat untuk anak-anak kita, berkat untuk masa depan kita. Namun yang menentukan semua yang kita pikirkan dan semua yang kita rencanakan, semua yang kita impikan hanya Tuhan Allah, karena Dialah Alpa dan Omega, Dia Allah yang Maha Kuasa, Dia Allah pemilik semua yang ada di bumi ini, Dia Allah yang menentukan seluruh yang terjadi di bumi ini, karena itu serahkanlah semua hidupmu kepada Tuhan pemilik kehidupan kita. Karena itu pada awal tahun seperti ini ada beberapa hal yang wajib kita lakukan kepada Allah.


Jangan lupa bersyukur kepada Tuhan.

Kita dapat melewati satu tahun kehidupan ini tahun2023, bukan karena perbuatan kita, bukan karena kemampuan kita, bukan karena kekuatan kita. Tidak ada yang dapat kita andalkan dalam hidup ini selain dari kasih Tuhan. Melewati tahun 2023 mungkin banyak cobaan, tantangan, pergumulan hidup yang kita hadapi, untuk memasuki tahun 2024 yang penuh berkat, hanyalah karena pertolongan Tuhan. Tidak ada yang dapat kita sombongkan dari hidup kita ini, hidup ini adalah kesempatan dari Allah. Karena itu yang tidak dapat kita lupakan adalah bersyukur kepada Tuhan “mandok mauliate tu Tuhani”. Bersyukur kepada Tuhan adalah bentuk puji-pujian yang keluar dari hati kita yang paling dalam, dari perenungan kita atas berkat-berkat yang kita terima dari Tuhan. Rasa Syukur kita tunjukkan dalam bentuk ucapan kita, nyanyian kita dan doa kita. Selain bentuk pujian seperti itu, ada juga bentuk pujian yang sangat penting yaitu bentuk perbuatan, bentuk aksi yang dikehendaki oleh Allah. Karena itu rasa syukur kita kepada Tuhan tahun 2024 kita tunjukkan dengan aksi, perbuataan yang di kehendaki oleh Tuhan. Rasa syukur dengan perbuatan, aksi dapat dirasakan oleh sesama manusia, dan bumi ini. Karena tugas kita yang pertama awal tahun ini adalah bersyukur kepada Tuhan.

Selalu beriman, percaya kepada Allah.

Setelah bersyukur kepada Tuhan, tugas kita yang selanjutnya adalah beriman yang sungguh-sungguh kepada Tuhan. Beriman yang sungguh-sungguh kepada Tuhan adalah kepercayaan yang selalu setia kepada Allah. Beriman kepada Allah bukan hanya dalam bentuk pengakuan dalam ibadah, bentuk seremonial, tetapi beriman itu diwujudkan dalam bentuk perbuatan kita. Perbuatan kita yang dilandasi oleh Firman Allah yang kita terima, dan yang kita dengar. Beriman itu bukan karena di paksa, karena ikut-ikutan, tetapi beriman itu keluar dari kesadaran yang dalam, dari pengenalan yang kuat dan dari kebutuhan kita untuk keselamatan kita masa kini dan masa yang akan datang. Catatan dalam sejarah Alkitab, Sejarah Gereja Mula-mula, dengan beriman kepada Allah banyak pertolongan yang dapat kita trima dari Allah, banyak muzijat yang terjadi, banyak pekerjaan yang sakses di kerjakan. Beriman kepada Allah juga kita tunjukkan dengan perilaku yang selalu takut kepada Tuhan. Dengan beriman kepada Tuhan, kita takut di ganjar oleh Tuhan, di hukum Tuhan. Karena itu beriman kepada Tuhan selalu setia melakukan Hukumnya. Menjadi tahun 2024 yang penuh berkat kita jalani dengan selalu beriman kepada Tuhan dengan dan setia kepada FirmanNya.

Selalu berserah diri kepada pimpinan Tuhan.

Setelah kita mengenal Allah dan percaya kepada Dia, di awal tahun ini kita juga di ajak untuk memiliki tekad selalu berserah diri kepada Allah. Berserah diri kepada Allah artinya mau di atur, diarahkan dan dipimpin oleh Allah. Ada orang yang mengenal dan percaya ada Allah, tetapi tidak mau berserah diri kepada Allah, seperti iblis yang mencobai Adam dan Hawa, seperti iblis yang mencobai Yesus Kristus Anak Allah. Kita mengenal Allah yang Maha Kuasa, Maha Kuat, Maha perkasa suapaya kita mau mempercayakan diri kepada Dia. Dialah yang akan mengatur kita, memberi petunjuk kepada kita arah mana yang akan kita jalani. Di dunia ini banyak tawaran-tawaran pilihan yang yang mau kita pilih, banyak godaan, namun menjalani tahun 2024biarlah Tuhan memberi petunjuk dan arah yang akan kita tempuh. Sudah pasti dan terjamin petunjuk dan arah yang dari Tuhan adalah pilihan yang terbaik, arah dan pilihan yang mendatangkan berkat dan keselamatan. Untuk mendapatkan pilihan yang terbaik selalu berserah diri kepada Tuhan di dalam pujian dan doa kita.

Selalu memikirkan ucapan, perbuatannya.

Setelah kita percaya kepada pimpinan Tuhan untuk menjalani tahun 2024 ini kita harus selalu memikirkan rencana Tuhan atas kehidupan kita. Mempercayai Tuhan bukan berarti kemanusiaan kita tidak dipakai, kita seperti robot yang bekerja, berjalan dan bertindak. Percaya dan mempercayakan diri kepada Tuhan juga dengan mempergunakan salah satu milik yang terbaik yang diberikan Tuhan kepada kita, yaitu pikiran kita. Pikiran kita yang dipakai oleh Allah untuk mengingat segala kebaikan dan perbuatan Tuhan, pikiran kita yang dipakai untuk memperbandingkan segala kemungkinan yang akan tejadi. Dengan pikiran kita Tuhan mencerahkan pandangan kita tentang apa dan bagaimana kita harus mengerjakannya. Dengan pikiran kita juga dapat menguasai diri kita mengontrol ucapan dan perbuatan kita. Dengan pikiran, kita juga memiliki kecerdasan dan kecakapan untuk mengerjakan rencana Allah. Sebab itu, menjalani tahun 2024, mari kita pakai pikiran kita salah satu asset yang sangat berharga yang diserah Tuhan kepada kita, supaya kehidupan kita semakin lebih baik. Amin.

Doa Penutup: Marilah kita berdoa! Terima kasih Tuhan, Tuhan telah berfirman kepada kami pagi hari ini supaya kami dapat memiliki Iman percaya kepada Tuhan. Perjalanan kami masih panjang dalam tahun ini Tuhan, dan kami mau mempercayakan diri kami hanya kedalam tangan pengasihanmu saja. Berkati kami bekerja pada hari ini, dan selamatkan kami dari segala mara bahaya. Dan tuntun kami berjalan dijalan yang Tuhan kehendaki. Dengarkanlah doa kami Tuhan. Amin.

Anugerah dari Tuhan kita Yesus Kristus, Kasih setia dari Allah Bapa, serta Persekutuan dari Roh Kudus, kiranya menyertai kita. Amin.

Gr. Pahot Sarumpaet, S.Th- Waka Biro Kategorial Ama-Lansia HKBP

Pustaka Digital