Renungan Harian HKBP | 26 Maret 2024

Doa Pembuka: Kita bersatu di dalam doa! Ya Tuhan, Allah Bapakami yang di Surga! Kami bersyukur atas cinta dan rahmat Tuhan yang senantiasa menyertai kehidupan kami hingga saat ini. Sekarang Tuhan kami datang ke hadiratMu untuk bersekutudengan FirmanMu. Berkatilah hati dan pikiran kami ya, Tuhan, agar kami dapat memahami dan hidup di dalam FirmanMu. Di dalam Kristus Yesus kami berdoa. Amin. 

 

Shalom! Saudara/i yang terkasih di dalam Nama Tuhan kitaYesus Kristus, Firman Tuhan bagi kita pada hari ini, Selasa 26 Maret 2024 tertulis dalam Injil Yohanes 8:12, beginilah FirmanTuhan:

 

Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya:”Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akanberjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai teranghidup.”

 

Jemaat yang dikasihi Tuhan, di hampir semua kebudayaanyang ada di dunia ini gelap atau kegelapan selalu dikaitkan denganhal-hal yang berbau negatif dan jahat. Sebut saja misalnya ilmugelap, dunia gelap dan jalan kegelapan. Begitu pun sebaliknya, terang selalu identik dengan hal-hal positif dan baik. Contohnyajalan terang, semuanya menjadi terang dan lain sebagainya. Terang juga selalu identik dengan harapan, sukacita dan kedamaian. Sebab di mana ada terang, di situlah manusia bisamenjalani hidupnya dengan aman dan tentram. Saudaraku, demikian lah Tuhan Yesus menggambarkan Diri-Nya di dalamayat ini. Ia menyebut bahwa Dia lah terang dunia yang artinyahanya di dalam Dia manusia bisa hidup dengan aman, sukacitadan penuh kedamaian. Hanya di dalam Dia juga lah manusiaterbebas dari segala dosa dan kejahatan yang selalu mengancamhidup manusia. 

Sebagaimana yang kita ketahui, gelap dan terang tidakpernah bisa bersatu karena keduanya memiliki sisi yang salingbertolakbelakang. Kita tidak bisa di waktu yang bersamaan hidupdi dalam gelap dan terang. Kita tidak bisa menggabungkankejahatan dengan kebaikan. Kita harus memilih salah satunya. Namun persis seperti yang ditulis oleh R. A. Kartini, “Habis Gelap Terbitlah Terang,” demikian lah pada akhirnya terang akanselalu berhasil mengatasi kegelapan. Kebaikan akan selalumenang melawan kejahatan. Untuk itu melalui nas ini Tuhan Yesus mengajak kita untuk memilih mengikut Dia dan hidup di dalam terang.

Hidup di dalam terang artinya hidup di dalam Kristus. Karena Kristus adalah kasih dan kebenaran, maka kita pun haruslah hidup di dalam kasih dan kebenaran. Hal itu bisa kitalakukan dengan cara hidup berdampingan dengan rukun bersamadengan lingkungan kita; hidup dengan saling tolong menolong; hidup dengan menjunjung tinggi keadilan dan kejujuran; sertahidup dengan saling menghormati. Ketika kita memilih untukmengikut Kristus dan hidup di dalam terang, itu artinya kita pun harus siap meninggalkan segala kegelapan dan kejahatan yang pernah ada di dalam diri kita. Iri hati, dengki, ketidakjujuran, hawa nafsu dan segala hal buruk lainnya harus kita tinggalkanagar kita bisa sepenuhnya hidup di dalam terang yang dari Kristus.

Jemaat yang dikasihi Tuhan, tentu bukan hal yang mudahbagi kita untuk bisa meninggalkan segala bentuk kegelapan daridalam diri kita. Ada banyak sekali hal-hal di dunia ini yang bisamenggoda kita untuk kembali melakukannya di dalam hidup kita. Butuh proses, usaha dan waktu yang tidak sedikit untuk kita bisabenar-benar hidup di dalam terang. Namun melalui Firman Tuhan hari ini, Tuhan Yesus mau mengingatkan kita bahwa Ia akan selaluada di dalam setiap proses tersebut. Apabila kita sudah bertekadsepenuh hati mengikut Kristus, maka Dia pun akan menyertai kitadalam melawan segala dosa dan kejahatan yang bisa kembalimenjatuhkan kita. Kasih dan kuasanya jauh lebih besar dari kuasamana pun di dunia ini. Sebagaimana Kristus telah menangmelawan kuasa maut yang mematikan itu, demikian jugalah Iaakan senantiasa menyertai setiap orang yang mau mengikut Diaagar menang melawan segala kuasa dosa dan kegelapan. Amin. 

 

Doa Penutup: Kita berdoa! Ya Tuhan kami bersyukur atasFirmanMu hari ini yang meneguhkan kami untuk tetap setiamengikut Engkau dan hidup di dalam terang. Bimbing dan sertaikami ya Tuhan dalam melawan setiap dosa dan kejahatan yang ada di sekitar kami agar kami semakin layak dalam mengikutEngkau sebagai Tuhan dan Juruselamat kami yang hidup. YaTuhan Yang Maha Pengasih, kami juga mendoakan keluarga kami di mana pun mereka berada. Berkatilah setiap pekerjaan, pendidikan dan pelayanan kami pada hari ini agar kiranyaberkenan di hadapanMu. Kami juga berdoa untuk setiap umatMuyang pada saat ini mengalami sakit, dukacita maupun pergumulan. Biarlah kiranya kasihMu senantiasa menyembuhkan dan menghibur kami. Ya Tuhan Yang Maha Pengampun, kami juga mohon ampun atas segala dosa dan kesalahan yang telah kami perbuat. Hapuskan lah itu ya Tuhan agar kiranya kami semakinlayak disebut sebagai Anak-anak Terang. Terima kasih Tuhan, di dalam Nama AnakMu Tuhan Yesus Kristus, kami berdoa dan berserah.

 

Anugerah dari Tuhan kita Yesus Kristus, Kasih setia Allah Bapa dan Persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekalian. Amin.  


Pdt. Ondy Axidho S. Siagian, S.Th- Melayani di Kantor BALITBANG HKBP