Renungan Harian HKBP | 27 Maret 2024

Shalom Selamat pagi bapak / ibu dan saudara / i yang terkasih di dalam nama Tuhan Yesus Kristus Marilah kita mempersiapkan diri untuk mendengarkan Firman Tuhan dengan bersaat teduh sejenak.

 

 

Doa Pembuka: Kita berdoa! Puji syukur Tuhan atas segala penyertaanMu buat kami umatMu ini yg selalu Engkau sertai dan Engkau lindungi kami. Dan kami menyucap syukur atas pemberianMu terlebih napas kehidupan dan kekuatan baru. Dan pagi hari ini Engkau mau menyapa kami lewat firmanMu, buatlah firmanMu itu Tuhan menjadi pedoman hidup kami didalam segalakehidupan kami masing masing. Dan didalam firmanMu pagi hari ini mengatakan Engkau lah Tuhan Gembala yang baik, yang mengorbankan segala-galanya, bahkan nyawaMu jugapun Engkau korbankan untuk menebus dosa manusia. Amin.

 

Yang menjadi ayat renungan kita pada pagi hari ini Rabu27 Maret 2024 tertulis

di buku Yehezkiel  34 : 16 beginilah firman Tuhan: “Yang hilang akan Kucari, yang tersesat akan Kubawa pulang, yang luka akan Kubalut, yang sakit akan Kukuatkan serta yang gemuk dan yg Ku lindungi. Aku akan menggembalakan mereka sebagaimana seharusnya.  

 

Firman ini adalah sebuah janji Tuhan kepada umat Israel yang adalah umat kesayanganNya. Tuhan menggambarkan diriNya sebagai gembala yang baik dan umat Israel sebagai kawanan Domba. Ini juga merupakan nubuat dari Yehezkiel tentang Kristus yang adalah gembala yang baik.Di nyatakan bahwa gembala yang baik itu datang Ia akan memelihara kawanan dombaNya dengan lemah lembut dan penuh cinta kasih dan memperhatikan segala langkahdombaNya. Gembala yang baik akan menyelamatkan dombaNya dari segala marabahaya ke tempat kemana mereka diserahkan pada hari berkabut dan hari kegelapan dan dibawa ke padang rumput yg hijau dan subur ditempat penggembalaan yang baik mereka di bawa.Gembala yang baik mencari domba yang tersesat dan suka menolong yang terluka, menguatkan yang sakit danmelindungi seluruh dombaNya, bertanggung jawab atas dombaNya segala kebutuhan kebutuhan hidup dombaNya Ia penuhi seperti kalanya orang tua terhadap anaknya, pemimpin terhadap anggotanya/ bawahannya. Dan ada juga gembala yang jahat menyandang status sebagai gembala namun tidak menjalankan fungsi dengan yang baik. Gembala yg jahat menikmati susu dombaNya, membuat pakaian dari buludombanya dan memakan daging dombanya tidak serius menggembalakan dombanya. Tuhan mengecam gembala yang jahat dan menyukai, menyanyangi gembala yang baik dan bertanggung atas anggota keluarganya dan sekerabat kerjanya. Amin.

 

Doa Penutup : Terima kasih Yesus atas firmanMu ini yang mengingatkan kami supaya menjadi gembala yg baik dan bertanggung jawab atas segala pekerjaan kami. Dan jadikanlah gembala yang baik di keluarga dan di tugas-tugas panggilan pelayanan kami di tengah tengah gerejaMu, masyarakat dan pekerjaan kami sehari-hari dimana kami bekerja. Dan mau menguatkan yang lemah, dan menyelamatkan jiwa-jiwa yang hilang untuk lebih mengenal akan firmanMu. Amin.

Anugrah Tuhan Yesus Kristus dan kasih setia dari Allah bapa serta persekutuan Roh Kudus kiranya menyertai kita sekalian. Amin.



Bvr. Cleopatra  Sitorus - Kantor Biro Zending Siantar