Renungan Harian HKBP | 27 Mei 2024

Syalom Selamat pagi bapak / ibu dan saudara / i yang terkasih di dalam namaTuhan YesusKristus. Marilah kita mempersiapkan diri untuk mendengarkanFirman Tuhan dengan bersaatteduh sejenak.

Doa Pembuka:Terimakasih Tuhan di pagi hari ini Engkau masih bersamakami didalam hidup kami masing- masing. Engkaulah Allah yang kami kenal yangselalu memberikan kehidupan yang baru dalam hidup kami. Tuhan Yesus, pagihari ini Engkau mau menyapa kami lewat firmanMu ini. Kiranya Engkau Tuhanhadir di dalam segala kehidupan kami, supaya kami tetap berjalan di jalan yang benar dan bertumbuh di dalam iman yang sehat, akan mampukan kamimenyatakan dan menghidupi kebenaran sehingga kehadiran kami menjadikemuliaan namaMu. Amin.

Nats renungan kita hari ini senin 27 Mei 2024 adalah 1 Timotius 3 : 16

Dan sesungguhnya agunglah rahasia ibadah kita; Dia, yang telah menyatakandiriNya dalam rupa manusia, dibenarkan dalam Roh; yang menampakkandiriNya kepada malaikat- malaikat, diberitakan di antara bangsa bangsa yang tidak mengenal Allah; yang di percayai di dalam dunia, diangkat dalamkemuliaan.

Saudara- saudara yang terkasih didalam nama Tuhan Yesus Kristus. Pernahkah kita bertanya apa tujuan kita beribadah atau bergereja, apakahhanya sekedar membuat program dan menjalankan program atau ada tujuanyang lain ? Ketika kita beribadah atau bergereja bukan sekedar membuat program dan melaksanakan program itu, tetapi tujuannya adalah menjalin hubungan denganTuhan melalui hubungan yang indah dengan sesama. Saat kita beribadah ataubergereja sosok siapa yang kita tuju, apakah diri kita atau si pengkhotbah atauTuhan yang kita kenal yang sungguh penuh keajaiban itu mengatakan 1 Tim 3 :16  dan sesungguhnya agunglah rahasia ibadah kita, Dia yang telahmenyatakan diriNya dalam rupa manusia di benarkan dalam Roh; yangmemampukan diriNya kepada malaikat- malaikat yang diberitakan diantara bangsa- bangsa yang tidak mengenal Allah, yang dipercayai didalam duniadiangkat dalam kemuliaan.  Ketika kita beribadah baik di gereja atau dirumah atau dimana saja bukanlah sekedar kehadiran Yesus saja, tetapi juga karya- karyanya yang ajaib didalam hidup kita melalui pekerjaan Roh Kudus. Mengapa dikatakan sesungguhnyaagunglah rahasia ibadah kita ? karena terjadinya peristiwa inkarnasi Allah menjadi manusia Yesus Kristus dan tinggal bersama kita dan menjadi rahasia karyapenyelamatan rahasia yang tersikap melalui karya Kristus dari misteri kelahiranhingga kenaikanNya. Tujuan kita beribadah adalah merupakan sarana bagi kita menerima berbagai karunia menurut kasih karuniaNya yang melayani Tuhan.

Amang/ inang, oleh sebab itu marilah kita sungguh- sungguh sepenuh hati untuk  beribadah kepada Tuhan sebab Dialah yang kita puji dan hadirkan Tuhan dalam hidupmu dirimu sebab ibadah itu adalah dirimu. Semakin banyak kita beribadah semakin banyak pula kita menerima berkat dari Tuhan dan mengenalkarya ciptaan Tuhan. Amin.

Doa Penutup: Kami berulang ulang mengucpkan terimakasih kami kepadaMu ya Tuhan, dimana kami telah menerima firmanMu di pagi hari ini lewat ibadahpagi. Jadikanlah ibadah kami ini menjadi kemuliaan namaMu dan semakinbanyaklah orang yang mendengar melihat kebenaran akan firmanMu lewat karya keselamatan. Biarlah Engkau yang menolong kami Tuhan, berkatilah ibadah pujian kami Tuhan agar berkenan di hadapanMu. Amin.

Anugrah Tuhan Yesus Kristus dan kasih setia dari Allah Bapa serta persekutuan Roh Kudus kiranya menyertai kita sekalian. Amin.


Bvr. Cleopatra  Sitorus- Kantor Biro Zending Siantar

Pustaka Digital