Renungan Harian HKBP, 8 November 2023


Firman Kehidupan 

Doa Pembuka: Terpujilah Engkau Tuhan atas hari yang baru yang masih Tuhan berikan bagi kami saat ini, sebelum memulai segala aktivitas kami, terlebih dahulu kami hendak mendengarkan firmanMu agar apapun yang akan kami lakukan semuanya seturut dengan kehendakMu, di dalam Kristus Yesus kami berdoa, amin.

Firman Tuhan bagi kita hari ini Rabu, 8 November 2023 tertulis di dalam Kitab Yohanes 8:51, demikian bunyinya: Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa menuruti firman-Ku, ia tidak akan mengalami maut sampai selama-lamanya."

            Bapak/Ibu, saudara/i yang dikasihi Kristus, banyak ajaran di dunia ini yang menunjukkan bagaimana caranya  agar dapat sampai ke surga, ada yang mengajarkan perbuatan baik yang dilakukan merupakan jalan menuju surga, ada juga yang mengatakan hidup yang meninggalkan atau mematikan keinginan badan adalah jalan menuju surga, dan banyak lagi yang lainnya. Hanya Yesus yang mengatakan bahwa Ia lah jalan menuju kepada kehidupan yang kekal, menuju keselamatan, menuju surga, tidak ada yang sampai pada Bapa di surga kalau tidak melalui Yesus (band. Yohanes 14:6). Dengan sangat jelas Yesus mengatakan bahwa hanya Yesus lah satu-satunya jalan sampai ke surga, satu-satunya jalan terlepas dari maut/kematian selama-lamanya. Inilah yang disampaikan Yesus kepada orang-orang Yahudi yang tidak percaya pada Yesus, bahkan menuduh Yesus kerasukan setan setelah mendengar pernyataan Yesus Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa menuruti firman-Ku, ia tidak akan mengalami maut sampai selama-lamanya."

            Jemaat yang dikasihi Kristus, cukupkah hanya percaya saja pada Yesus lalu akan sampai pada kehidupan kekal, seperti yang dikatakan Yohanes 14:6 ? (Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.). Tentu tidak! Sebab percaya, beriman harus jelas nyata melalui kesaksian hidup sehari-hari. Setiap orang yang mengaku percaya pada Yesus, maka hidupnya juga harus sesuai dengan perkataanNya, firmanNya. Percaya bukan hanya melalui mulut saja tapi harus ditunjukkan melalui perilaku hidup sehari-hari. Yesus sendiri katakan dalam Matius 7:21 “Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.” Dengan sangat jelas Yesus mengatakan bahwa tidak semua orang yang selalu mengucapkan Tuhan!, Tuhan!, otomatis langsung masuk surga jika tidak melakukan sesuai dengan kehendak Bapa di surga. Dengan bahasa sederhanya, dapat dikatakan bahwa tidak semua orang yang mengaku percaya pada Tuhan, selalu menyebut nama Tuhan dalam doa dan nyanyian pujiannya akan dijamin akan masuk surga. Lalu, siapa yang bisa? Semua yang percaya dan menyebut nama Tuhan yang melakukan kehendak Allah Bapa. Semua yang hidupnya seturut dengan kehendak Bapa. Oleh sebab itu, firman Tuhan hari ini benar-benar mau mengingatkan kita semua agar iman kita harus kita perlihatkan melalui hidup kita yang senantiasa melakukan kehendak Bapa di surga, melakukan firman Tuhan. Amin.

 

Doa Penutup: Terima kasih Tuhan atas firmanMu yang mengingatkan kami semua agar hidup kami sebagai orang yang percaya padaMu melakukan segala sesuatu sesuai dengan kehendakMu, maka kami tidak akan mengalami maut selama-lamanya, melainkan memperoleh hidup yang kekal. Maka kami memohon pertolonganMu ya Tuhan, agar kami dimampukan hidup seturut dengan kehendakMu, dalam Kristus Yesus kami berdoa,  Anugerah Tuhan kita Yesus Kristus, kasih setia dari Allah Bapa dan Persekutuan Roh Kudus, kiranya menyertai saudara/i sekalian. Amin.


Pdt. Emilda Sibarani, S.Th- Melayani di Kantor Sending HKBP

 

 

Pustaka Digital