Sekjend HKBP mengunjungi Jemaat HKBP Poriaha, Sibolga

PORIAHA, hkbp.or.id - Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan merayakan Minggu Jubilate bersama dengan warga jemaat HKBP Poriaha Julu Resort Poriaha Distrik IX Sibolga-Tapteng-Nias (STN) (21/4/2024).


Ibadah Minggu dirangkai dengan Pesta Panen (Pesta Gotilon) dan Pelantikan Bvr. Merryanne Elisabet Sinaga melayani di HKBP Resort Poriaha.

Ibadah dilayani oleh Pdt. Martin Manullang selaku Pendeta Resort melayani sebagai Pambaca Warta Jemaat. Praeses HKBP Distrik IX STN Pdt. Donda Simanjuntak sebagai Liturgis sekaligus melantik Bvr. Merryanne Sinaga yang sebelumnya melayani di HKBP Ambarawa Resort Jawa Tengah.


Khotbah disampaikan Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan, berdasar kepada Injil Yohanes 10: 11-18.

Dalam khotbahnya, Pdt. Victor Tinambunan meyampaikan bahwa Tuhan Yesus adalah gembala yang baik tandanya adalah Dia telah memberikan nyawa-Nya (ayat 11) bagi kita menjadi keselamatan yang holistik bagi seluruh ciptaan. Peristiwa itulah yang kita rayakan dalam Masa Raya Paskah dan seumur hidup kita. Baik di Buku Ende HKBP juga nyanyian-nyanyian rohani Kristen banyak nyanyian yang menceritakan tentang Tuhan Yesus Gembala Baik.


Gembala Baik mengenal domba-dombanya dan Tuhan Yesus mengenal kita semua, domba-domba-Nya (ayat 14). Mengenal bukan hanya mengetahui nama melainkan juga mengetahui dan memahami namun lebih dari itu Tuhan Yesus juga memelihara dan mencukupkan kehidupan kita.

Pintu keselamatan terbuka bagi seluruh umat manusia (ayat 16). Melalui kehidupan kita yang penuh sukacita dan ucapan syukur, Jubilate, kepada Tuhan hendaknya menjadi penuntun bagi orang lain untuk mengenal Tuhan Yesus Sang Gembala Baik.


Seperti pada umumnya di Gereja HKBP, perayaan panen di jemaat selalu khas dengan hasil bumi yang dipersembahkan kepada Tuhan melalui gereja-Nya.


Tak terkecuali HKBP Poriaha, seluruh warga jemaat mempersembahkan hasil bumi, berkat Tuhan yang mereka terima, sebagai persembahan kepada Tuhan melalui gereja.


Setelah rangkaian Ibadah Minggu dan Pesta Panen dilaksanakan di Gedung Gereja, seluruh warga jemaat melanjutkan pesta panen di Gedung Sekolah Minggu HKBP Poriaha dalam acara makan bersama dan manortor huhut pasahathon saktisakti dari setiap wijk.


(SKS-NS)

Pustaka Digital