Sekolah Pendeta HKBP Wisuda 15 Orang Mahasiswa

Lembaga Sekolah Pendeta HKBP menyelenggarakan wisuda kepada 15 orang mahasiswa/i yang telah menyelesaikan masa studi  di HKBP Siantar Kota, Ress. Siantar Kota, Kota Pematangsiantar pada hari Selasa, 07 Februari 2023. Rangkaian acara wisuda diawali pada pukul 09:00 dengan prosesi dari Gedung Sekolah Pendeta yang terletak di Kompleks STT HKBP menuju Gereja HKBP Siantar Kota dan langsung dilanjutkan dengan Ibadah yang dilayani oleh Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Dr. Victor Tinambunan sebagai pengkhotbah, Kepala Departemen HKBP, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th sebagai pendoa syafaat, dan Praeses HKBP Distrik XXIV Tanah Jawa, Pdt. Gading Simamora, M.Th sebagai liturgis.


Dalam khotbah yang berdasar pada Tema wisuda: "Utuslah Aku Sebagai Hamba Allah" (Yesaya 6:8) dan Sub-tema: "Berintegritas dan setia dalam pengutusan sebagai Hamba Allah di tengah perubahan zaman", Pdt. Dr. Victor Tinambunan menegaskan bahwa Tuhan pasti akan memperlengkapi dan memampukan hambaNya dalam melaksanakan pelayanan dan tugas panggilan. Oleh sebab itu, hamba Tuhan, terkhusus mahasiswa/i yang akan diwisuda harus memiliki kepercayaan serta semangat yang berkobar-kobar dalam menyampaikan misi Tuhan, serta perkataan haruslah sesuai dengan perbuatan.


Setelah ibadah selesai, acara dilanjutkan dengan Upacara Nasional dengan menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dan Mengheningkan Cipta. Sidang Senat Terbuka Wisuda Sekolah Pendeta kemudian secara resmi dibuka oleh Direktur Sekolah Pendeta HKBP, Pdt. Drs. Robert F.H. Silitonga, M.Th. dan dilanjutkan dengan pembacaan Laporan Akademik oleh Dosen Sekolah Pendeta, Pdt. Basa Hutabarat, M.Min.


Kelima belas mahasiswa/i yang diwisuda merupakan angkatan tahun 2020 yang telah menyelesaikan masa studi selama 6 semester sejak awal tahun 2020 hingga akhir tahun 2022. Periode pembelajaran 2020-2022 merupakan terobosan baru yang dilakukan oleh HKBP dikarenakan ini adalah angkatan pertama Sekolah Pendeta HKBP yang tidak hanya berasal dari kalangan Guru Huria, namun juga berasal dari Diakones. Adapun kelima belas mahasiswa/i angkatan 2020 ini terdiri dari 10 Guru Huria; 2 Bibelvrouw, dan 3 Diakones.


Dalam bimbingan Pastoralnya, Ompui Ephorus HKBP Pdt. Dr. Robinson Butarbutar menyampaikan wisuda ini adalah acara yang penting sehingga beliau menghimbau kepada kelima pimpinan HKBP untuk menghadirinya, namun dikarenakan jadwal pelayanan yang sudah ditetapkan sebelumnya, maka hanya Kepala Departemen Koinonia Pdt. Dr. Deonal Sinaga yang berhalangan untuk hadir. Ompui Ephorus menyebut HKBP masih membutuhkan pelayan yang akan melayani jemaat-jemaat baik di kota maupun desa, sehingga dengan diwisudanya 15 mahasiswa/i ini dapat menambah jumlah pendeta HKBP yang akan ditugaskan ke berbagai tempat pelayanan. Ompui Ephorus juga menyampaikan apresiasi terhadap Lembaga Sekolah Pendeta dimana meskipun mahasiswanya sudah tergolong berada di usia senior, juga dihadapkan dengan tantangan finansial, dan pendidikan yang dituntut di Sekolah Pendeta tidak disertai dengan gelar, namun semangat pelayanan tidak surut. 


Pada wisuda turut hadir Ketua Sekolah Tinggi Guru Huria Pdt. Manaek Simanungkalit, S.Th, M.Pdk; Ketua Sekolah Tinggi Bibelvrouw Pdt. Dr. Benny Sinaga; Mantan Kepala Departemen Koinonia HKBP Periode 2004-2008, Pdt. Dr. Jamilin Sirait; Ketua Ikatan Alumni Sipoholon (IAS), Pdt. Haposan Sianturi; dan Rektor Universitas HKBP Pematangsiantar sekaligus Dewan Kurator Sekolah Pendeta HKBP, Prof. Dr. Sanggam Siahaan, M.Hum.


Seluruh kegiatan wisuda berjalan dengan baik dan rangkaian acara diakhiri dengan foto dan makan siang bersama. Kelima belas mahasiswa/i yang telah diwisuda kemudian dalam jangka waktu dekat akan melapor ke Kantor Pusat HKBP di Pearaja Tarutung dan bersiap untuk memulai pelayanan sebagai calon pendeta. (Oleh: Pdt. Drs. Robert F.H. Silitonga, M.Th/Christian Silitonga – B’TIK)

Pustaka Digital