"Ai gok di Ho do ale Jahowa hatimbulon dohot hagogoon dohot hamuliaon dohot hatongamon dohot pujipujian; gok di Ho tahe nang saluhut na di banua ginjang dohot na di tano on. Gok di Ho do ale Jahowa harajaon, jala dipatimbul Ho diriM di atas ni saluhut na marjujungan.

Ya TUHAN, punya-Mulah kebesaran dan kejayaan, kehormatan, kemasyhuran dan keagungan, ya, segala-galanya yang ada di langit dan di bumi! Ya TUHAN, punya-Mulah kerajaan dan Engkau yang tertinggi itu melebihi segala-galanya sebagai kepala."

1 Kronika 29 : 11

Berusia Hampir 50 Tahun, HKBP Gunung Bayu Rindukan Kehadiran Pimpinan HKBP


Gunung Bayu (21/3/2021), Kepala Departemen Marturia HKBP Pdt. Kardi Simanjuntak, S.Th, M.Min mangadakan kunjungan pastoral ke HKBP Gunung Bayu Ressort Limapuluh Distrik V Sumatera Timur. HKBP Gunung Bayu beralamat di Emplasmen Gunung Bayu Kec. Bosar Maligas Kab. Simalungun, Sumatera Utara. 




HKBP Gunung Bayu memiliki anggota jemaat sebanyak 62 Kepala Keluarga (KK), 6 orang Sintua yang dipimpin oleh Gr. Josua Uli Sitorus. Secara umum warga jemaat berprofesi sebagai karyawan kebun, sebagian kecil berwiraswasta dan sebagai Guru. Sebagaimana informasi yang disampaikan oleh Pimpinan Jemaat, Gereja ini memiliki kebersamaan yang kuat antar warga jemaat, serta memiliki sumber daya manusia yang kuat. Hal ini terlihat dari latarbelakang pendidikan warga jemaat. Di samping itu, mereka juga mempersiapkan anak-anaknya untuk mengecap pendidikan sebaik mungkin. Dibalik semua itu, tentu gereja ini juga memiliki pergumulan sendiri. Hal ini disebabkan karena sebagian besar warga jemaat adalah karyawan kebun, ketika mereka telah memasuki masa pensiun maka warga jemaat yang pensiun akan pindah dan keluar meninggalkan kompleks perkebunan. Sehingga hal ini sangat berpengaruh terhadap jumlah warga jemaat. 


Bulan Desember tahun ini, HKBP Gunung Bayu akan berusia 50 tahun. Hadirnya pimpinan HKBP adalah hal yang mereka rindukan. Atas kehadiran Kepala Departemen Marturia HKBP adalah sukacita bagi warga jemaat HKBP Gunung Bayu. Setelah ibadah minggu selesai, dilanjutkan acara ramah-tamah bersama dengan Sintua. Dalam kesempatan ini Kepala Departemen Marturia HKBP menyampaikan perihal beban berat HKBP yang berkaitan dengan Dana Pensiun. Kepala Departemen Marturia HKBP mengajak agar setiap warga jemaat berpartisipasi dan bergerak bersama untuk melewati beban tersebut sehingga Dana Pensiun HKBP dapat dipulihkan. "Kita harus bergerak bersama, melalui gerakan seribu sebagaimana yang telah disampaikan oleh Ephorus HKBP Pdt. Dr. Robinson Butarbutar dalam suratnya perihal keadaan Dana Pensiun bahwa melalui gerakan tersebut akan berdampak besar dalam pemulihan Dana Pensiun HKBP. Tuhan pasti memampukan Gereja-Nya untuk melewati ini", ujar Kepala Departemen Marturia HKBP. (SKM_Erhs)