"Ho do manutup meja di jolongku maradophon angka musungku, dimiahi Ho do ulungku, suksuk do panginumanhu.

Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah."

Psalmen 23 : 5

Gempa Bumi Mengguncang Tapanuli Utara

Sabtu (1/10) Tapanuli Utara diguncang gempa bumi. BMKG menyatakan ada puluhan gempa susulan dan gempa utama berkekuatan 6.0 SR berpusat di Parmonangan. Keseluruhan warga Taput berada diluar rumah dengan keadaan kota Tarutung yang gelap gulita disertai dengan hujan. 


Menurut BMKG, gempa bumi yang terjadi hari ini tidak berpotensi tsunami. Meskipun begitu, terjadi beberapa kerusakan gedung milik HKBP misalnya museum dan arsip Dr. Lothar Screiner, gedung Raja Pontas Lumbantobing, rumah dinas Ephorus HKBP dan beberapa gereja antara lain HKBP Siranggitgit, dan HKBP Pansurnapitu. Selain itu, gempa bumi ini juga mengakibatkan kerusakan RSUD Tarutung dan beberapa bangunan sekolah sehinggak diliburkan proses belajar mengajar.




Banyak masyarakat yang mengalami shock dan trauma diakibatkan guncangan yang sangat kuat. Pemerintah menghimbau agar seluruh masyarakat tetap waspada. (BTIK)