"Tarehon hamu ma pinggolmuna, jala ro ma hamu tu Ahu! Tangihon hamu ma, asa mangolu tondimuna i! Jadi bahenonHu ma tu hamu padan salelenglelengna: I ma padan parasian na sintong i tu si David na so tupa muba.

Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud."

Jesaya 55 : 3

Hadapi Hari Kematianmu Secara Kreatif

Simangumban, 21 November 2021

Pada hari Minggu (21/11/2021), bertepatan dengan Hari Peringatan Orang Yang Meninggal (Parningotan di Angka Na Monding), Kepala Departemen Diakonia melakukan kunjungan ke Gereja HKBP Resort Simangumban, Pahae - Sumatera Utara. Resort Simangumban merupakan satu-satunya resort HKBP yang ada di wilayah Pahae. Gereja ini memiliki lonceng yang didatangkan dari Jerman, sehingga bunyinya begitu indah dan nyaring terdengar.


Kepala Departemen Diakonia HKBP, Pdt. Debora Sinaga, M. Th. didapuk menjadi Pemberita Firman dan didampingi oleh Pimpinan HKBP Resort Simangumban, Pdt. Victor DR Pasaribu sebagai Liturgis.



Dalam khotbahnya, Ibu Kadep Diakonia menyuarakan agar jemaat tidak perlu takut terhadap kematian, sekalipun memang kematian itu mengerikan. Kematian tidak perlu ditakuti oleh orang percaya, karena Kristus telah mengalahkan kematian. Orang percaya juga perlu mengisi hidupnya sambil berjalan menuju hari kematiannya secara kreatif dan berguna bagi kehidupan setiap mahkluk.

Pada kebaktian Minggu yang akan datang (28/11/2021), Gereja HKBP Resort Simangumban akan menjadi 11 huria karena Gereja Dano Butar akan dimandirikan. Gereja HKBP Resort Simangumban juga merupakan gereja yang terbilang tua, dimana pada 2022, HKBP Simangumban akan merayakan Jubileum 150 tahun.

Kepala Departemen Diakonia mengapresiasi kejelian dan energisitas Pdt. Victor Pasaribu melihat dan memanfaatkan potensi SDA yang dimiliki oleh Resort Simangumban. Pdt. Victor memanfaatkan lahan gereja dengan menanam berbagai tanaman seperti terong, pisang barangan merah, dan lain sebagainya.


Kepala Departemen Diakonia HKBP tidak datang dengan tangan kosong dalam kunjungannya ke HKBP Resort Simangumban. Beliau membawa buah tangan berupa Nampan Perjamuan Kudus kepada HKBP Resort Simangumban. Melalui Pdt. Victor Pasaribu, Kepala Departemen Diakonia HKBP menitipkan Alkitab-KJ (25 buah), buku dan masker untuk disampaikan kepada Pdt. Japaris Nainggolan (Pimpinan HKBP Resort Janji Angkola).



HKBP menjadi berkat


Pustaka Digital