"Laos didok ma tu nasida: “Boasa songon i biar rohamuna? Dia do umbahen soada haporseaon di hamu?”

Lalu Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu begitu takut? Mengapa kamu tidak percaya?""

Markus 4:40

Hidup dalam Naungan Kasih Setia Allah - Minggu II Setelah Ephipanias di HKBP Lumbanbaringin

Minggu, 16 Januari 2022, Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, melayankan khotbah di HKBP Lumbanbaringin, Resort Lumbanbaringin, Distrik II Silindung. Kebaktian dimulai pukul 10.00 WIB dan hanya satu kali kebaktian. Kepala Departemen Koinonia tiba di lokasi gereja pukul 09.50 WIB dan disambut hangat para warga jemaat yang sudah terlebih dahulu tiba gereja.

HKBP Lumbanbaringin saat ini dipimpin oleh Pdt. Reny Simanjuntak, 12 orang sintua, dan satu orang calon diakones. Jumlah keanggotaan jemaat terbagi ke dalam 5 wijk dan 10 lingkungan, yakni wijk I lingkungan 1 dilayani oleh St. TM. Hutauruk, lingkungan 2, St. W. Hutauruk, dan lingkungan 3, St. M. Hutagalung. Wijk II lingkungan 1 dilayani oleh St. H. Simanjutak dan lingkungan 2, St. B. Hutasoit. Wijk III lingkungan 1 dilayani oleh St. M. Hutauruk, lingkungan 2, St. H. Br. Simanungkalit, dan lingkugnan 3, St. Ch. Sitorus. Wijk IV dilayani oleh St. R. Br. Parapat. Terakhir, Wijk V dilayani oleh St. R. K. br. Tarihoran.


HKBP Lumbanbaringin merupakan salah satu jemaat tua di Sipoholon. Gedung gereja yang ada sekarang merupakan hasil dari renovasi selama sepuluh tahun terakhir. Tahun 2011 pada masa kepemimpinan Pendeta Resort, Pdt. Tiurma Lumbantobing, Panitia Pembangunan dibentuk. Tahun 2012, peletakan batu pertama pembangunan renovasi gedung gereja dipimpin oleh Praeses HKBP Distrik II Silindung, Pdt. Kardi Simanjuntak. Namun, baru pada tahun 2017, pada masa kepemimpinan Pendeta Resort Pdt. Arthur Lumbantobing, proses renovasi dengan membongkar gedung lama mulai dilakukan, dan proses tahap demi tahap dilaksanakan. Tahun 2018-2019, pada masa kepemimpinan Pendeta Resort, Pdt. Darna Lumbantobing, proses pemasangan dinding, atap, daun pintu, dan lantai dapat dilakukan. Pada bulan Desember 2021, di bawah kepemimpinan Pendeta Resort, Pdt. Reny Simanjuntak, pemasangan plafon dan finishing secara umum dapat dirampungkan. Direncanakan pada tahun 2022 ini proses finishing balkon dapat dilaksanakan.


Dalam khotbahnya, Pdt. Dr. Deonal Sinaga mengapresiasi pencapaian HKBP Lumbanbaringin dalam membangun dan merenovasi gedung yang baru ini, dan itu semua atas penyertaan kasih setia Tuhan. Lebih lanjut, pendeta Sinaga menyampaikan, “Firman Tuhan pada hari Minggu ini mengingatkan kita akan kebenaran, bahwa sesungguhnya kita, hidup dalam naungan kasih setia Allah.

Setiap orang percaya yang benar-benar melihat dan memahami kebenaran ini, akan mengaku seperti pemazmur bahwa kasih setia Allah melingkupi segenap kehidupannya, bahwa keadilan Tuhan seperti gunung-gunung dan hukum-hukum-Nya seperti samudera raya, bahwa orang yang berlindung pada Tuhan tidak akan kecewa. Orang yang mengandalkan Tuhan dalam hidupnya tidak pernah kecewa. Apa pun hasilnya, bagaimana pun akhirnya, dia tidak akan kecewa. Karena keadilan Tuhan adalah seperti gunung-gunung dan hukum-Nya bagai samudera. Tuhan menjadikan segalanya baik sesuai dengan hukum dan keadilan-Nya. Karena itu, mengandalkan Tuhan dalam hidup ini adalah sikap dan tindakan paling bijaksana. “Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu dan janganlah bersandar pada pengertianmu sendiri!” (Ams. 3: 5). Seusai kebaktian, Pdt. Deonal Sinaga berfoto bersama seluruh parhalado HKBP Lumbanbaringin. (DK-NXC)



Pustaka Digital