Renungan Harian HKBP | 15 Mei 2024

Selamat pagi bapak, Ibu dan Saudara-saudara yang di kasihi oleh Kristus Yesus Tuhan kita. Semoga di pagi hari ini kita dalam keadaan sehat dan penuh sukacita. Saudara-saudara sebelum kita kembali melakukan segala aktivitas kita sepanjang hari ini, terlebih dahulu kita akan merenungkan Firman Tuhan, oleh karena itu mari kita bersaat teduh sejenak dan berdoa dalam hati kita masing-masing.

Saat teduh…………

Doa Pembuka : Ya Tuhan Allah Bapa kami di dalam nama PutraMu Yesus Kristus, kami bersyukur dan mengucapkan terimakasih atas anugerahMu di pagi hari ini, kami masih Tuhan izinkan menikmati kehidupan kami. Ya Tuhan kami selalu rindu akan kebenaran FirmanMu, untuk itu kami telah membuka hati dan pikiran kami agar FirmanMu dapat kami mengerti dan akan kami lakukan dalam kehidupan kami setiap hari. Berfirmanlah ya Tuhan, kami telah siap untuk mendengarkannya. Hanya di dalam nama Yesus, kami berdoa dan mengucap syukur kepadaMu. Amin.

Nats Renungan : Ibrani 4 : 16

“Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya”

Bapak, ibu dan saudara-saudara, Takhta adalah Tempat dimana Allah Tuhan kita itu berada sebagai Raja yang Maha Mulia. Akan tetapi berbeda dengan Tahkta yang kita kenal dalam satu kerajaan di dunia ini. Dalam takhta Allah Raja kita disana ada mengalir kasih, pertolongan, kemurahan pengampunan, kuasa rohani, pencurahan Roh Kudus, karunia-karunia rohani, buah-buah roh dan semua yang kita perlukan dari Allah Tuhan kita. Oleh sebab itulah Penulis Ibrani menyebutnya Takhta Allah itu adalah Takhta Kasih Karunia.

Saudara-saudara, tentunya sebagai manusia yang lemah, yang selalu menghadapi berbagai pergumulan hidup, kita akan selalu mengharapkan dan ingin menerima, juga menemukan pertolongan. Dimanakah itu akan kita cari ? Telah tersedia didalam tahta kasih karunia Allah tersebut. Dan memang haruslah pertolongan dari Allah itu yang dapat menjamin hidup kita, selain dari itu, semuanya tidak akan menjamin, oleh karena itu, kita harus meminta pertolongan dari Allah Tuhan kita. Namun bapak/ibu dan saudara-saudara, kita sering enggan bahkan takut untuk menghampiri takhta kasih karunia tersebut, mungkin kita sadar akan dosa-dosa kita, sehingga kita tidak berani. Saudara-saudara ternyata Tuhan mau mendengar orang yang berseru kepadaNya, Tuhan mau menolong siapa saja yang mau memohon pertolonganNya, oleh karena itu, marilah dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia Allah. Dalam Buku Nyanyian HKBP No.174 : 3 disebut demikian : “Kau rasa banyak dosamu tak layak masuk sorga. Walaupun banyak dosamu, kau boleh masuk Surga. Kar’na semua dosamu t’lah dihapuskan Tuhanmu. Benar, benar, t’lah hapus dosamu”

Bapak/ibu dan saudara-saudara, demikianlah indahnya panggilan Tuhan, kita harus bersyukur atas kasih karunia yang boleh kita rasakan dari Tuhan. Maka jangan kita mengeraskan hati kita lagi, jangan bertahan apalagi dalam kelemahan kita selama ini, kita harus menyambut panggilanNya dengan penuh keberanian, kita harus menghampiri takhta kasih karunia Allah, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia juga kita akan mendapat pertolongan Tuhan pada waktunya. Semoga Tuhan selalu membuka hati kita untuk berharap dan menginginkan kasih karunia Tuhan menyertai dan menolong kita dalam setiap langkah kehidupan kita. Amin

Doa Penutup: Terima kasih ya Tuhan Allah Bapa kami atas FirmanMu yang telah kami dengarkan di pagi hari ini. Sebagai manusia yang penuh dengan kelemahan, yang tidak dapat mengandalkan kekuatan apapun dalam hidup kami ini, dan yang kami tahu kami harus bersandar di tahta kasih karuniaMu, ya Tuhan, bukalah hati kami untuk mengenal betapa banyak kasih karunia yang telah Tuhan sediakan bagi kami, dan betapa indah kasih karuniaMu itu memberi pengharapan dalam kehidupan kami. Untuk itu Tuhan, berkatilah FirmanMu kedalam hati kami, berilah kami keberanian untuk menghampiri takhta kasih karuniaMu, supaya kami beroleh pertolongan yang dari padaMu. Ya Tuhan, dalam segala aktivitas dan tugas-tugas kami pada hari ini, lindungilah kami! Berikanlah berkat yang melimpah bagi kami melalui segala pekerjaan kami yang baik dan yang Tuhan inginkan. hanya kedalam tanganMu kami serahkan seluruh kehidupan kami. Hapuskanlah segala dosa kami. Di dalam nama anakMu Yesus Kristus Tuhan, kami berdoa dan bersyukur kepadaMu. Amin

Anugerah Tuhan kita Yesus Kristus, Kasih setia dari Allah Bapa, dan Persekutuan dari Roh Kudus, itulah kiranya yang menyertaimu hari ini sampai selama-lamanya! Amin.


Pdt. Samsir Hutagalung, M.Div

Pustaka Digital