"Ho do manutup meja di jolongku maradophon angka musungku, dimiahi Ho do ulungku, suksuk do panginumanhu.

Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah."

Psalmen 23 : 5

Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Ecoenzim

Siborong-borong, 25 Agustus 2022

Pada hari ini, melalui Biro Pembinaan HKBP mengadakan sosialisasi dan pelatihan pembuatan ecoenzim dengan metode an aerob yang dihadiri oleh jemaat dan masyarakat dari beberapa daerah. Pelatihan tersebut diadakan di Desa Pohan Tongah Siborong-borong.


Ecoenzim merupakan bagian fermentasi dari potongan kulit buah-buahan yang sudah tidak dikonsumsi lagi. Seperti yang diketahui bahwa ecoenzim banyak sekali manfaatnya bagi kehidupan manusia. Ecoenzim kegunaannya dapat dipakai oleh manusia sebagai obat oles untuk luka, pencuci wajah bahkan untuk masakkan. Kegunaan lain dipakai sebagai ganti pestisida bagi petani dan sebagai campuran untuk pakan ternak sehingga kotoran ternak tidak berbau. 




Melalui penjelasan yang diberikan bapak Mindo Sianipar, peserta yang hadir diajak untuk mempraktikkan membuat fermentasi dari bahan-bahan yang telah disediakan. Bahan-bahan tersebut seperti gula aren, air bersih dan potongan kulit buah dan sayuran dengan perbandingan yang telah dijelaskan, ditutup dan didiamkan selama 90 hari. 



HKBP memperhatikan kebutuhan masyarakat di desa yang memerlukan ilmu terbaru dalam beternak maupun bertani. Melihat kebutuhan itulah HKBP mengadakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan ecoenzim ini agar dapat membantu masyarakat dalam bertani dan beternak lebih bersih dan sehat dengan metode terbaru.