"Alai borngin i diida si Paulus di bagasan tondina ma Tuhan i na mandok tu ibana: Unang ma ho mabiar; hatahon ma, unang ma ho mauhom!

Pada suatu malam berfirmanlah Tuhan kepada Paulus di dalam suatu penglihatan: "Jangan takut! Teruslah memberitakan firman dan jangan diam!"

Ulaon ni Apostel 18:9

Tiga Orang Anak PA Elim HKBP Belajar Menjadi Barista


Kamis (29/4/2021), diawali semangat dari anak-anak Panti Asuhan (PA) Elim untuk berlatih barista saat pertemuan pembinaan dan pemberian motivasi kepada anak yang akan tamat SMA atau SMK pada 2 April 2021 yang lalu, Kepala Departemen Diakonia HKBP, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th dan pimpinan PA Elim bersama Bapak Asrama  menyambut dan mendukung keinginan mereka.


Pdt. Debora dengan spontan menginformasikan kepada pemilik Cafe Piltik Coffee kerinduan anak-anak PA Elim dan langsung disambut dengan sukacita. Oleh karena itu atas kesepakatan bersama, Kepala Departemen Diakonia HKBP didampingi oleh Pdt. Margaret Sianipar mengantar tiga anak yang akan dilatih mulai tanggal 29 April sampai 1 Mei 2021 mendatang


Sesampainya di Piltik Coffee, pemilik cafe  yaitu Vera Hutauruk dan Tigor Siahaan menyambut kedatangan Departemen Diakonia HKBP dan menerangkan tujuan mereka membuat kedai kopi modern serta mendidik anak-anak di Desa Sibuntuon, Balige belajar Inggris, yakni untuk menginspirasi generasi muda, generasi yang menjadi harapan agen perubahan. 


Vera Hutauruk mengibaratkan pohon yang muda, masih dapat dibengkokkan layaknya anak-anak atau generasi muda yang dapat dibentuk atau diarahkan. Akan tetapi, jika pohon sudah besar dan kokoh tidak dapat lagi dibentuk.


Tigor Siahaan juga menyampaikan arahan untuk standar prosedur menjadi barista.  Seseorang dapat dikatakan barista jika orang tersebut dapat bercerita dan menjual. Oleh karena itu seorang barista melakukannya dengan hati yang ikhlas demi hasilnya maksimal. 


Maka selama tiga hari tersebut, anak-anak akan dilatih manual Coffee brewing (menyeduh kopi secara manual), take order(mengambil pesanan), menyapa tamu dan banyak belajar lewat melihat dan mendengar aktifitas di Piltik Coffee, sambung Tigor Siahaan. 


Selama tiga hari tersebut  anak-anak akan mendapat makan pagi, siang dan malam secara gratis serta penginapan yang telah dipersiapkan. Pelatihan dimulai hari Kamis - Sabtu dari Pukul 10.45 - 21.00 WIB. Nantinya, mereka akan langsung mendapat pelatihan dari Vera Hutauruk yang juga seorang ahli berbahasa Inggris dan Tigor Siahaan yang terkenal sebagai fotografer profesional lulusan London. 


Ada pun ketiga anak yang dilatih ialah Erika Friskila Sibuea, siswi SMK Negeri 1 Pematangsiantar bidang Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran. Dia menyampaikan motivasi belajar barista karena ingin memberikan pelayananan terbaik. Dan berharap setelah selesai pelatihan, ia dapat berbagi ilmu kepada teman-temannya di rumah  Panti Asuha Elim HKBP. 


Kedua, Rosinar Padang, siswi di SMK Negeri 3 Pematangsiantar jurusan Tata Boga. Dan memiliki motivasi, ingin tahu cara membuat kopi yang enak dan berharap dapat sukses. 


Ketiga, bernama Ulina Siagian, siswi SMK Negeri 3 Pematangsiantar jurusan Tata Kecantikan. Memiliki motivasi  untuk mempelajari cara membuat berbagai aneka rasa kopi yang menarik. Oleh karena itu, dia berharap dapat sukses dan bisa berbagi ilmu kepada yang ingin membutuhkan ilmu tentang kopi.


Sebagai penguatan, Kepala Departemen Diakonia HKBP memberikan semangat kepada anak-anak yang belajar barista  agar mereka belajar dengan maksimal. Sebab banyak anak-anak Panti Asuhan Elim yang telah berhasil. 


Sebagai rekomendasi kepada Panti Asuhan Elim setelah pelatihan, Tigor Siahaan menyampaikan agar perlengkapan untuk membuat kopi dapat diperlengkapi atau dibeli sehingga mereka dapat tetap berlatih.


Pemberdayaan dan dukungan Kepala Departemen Diakonia HKBP kepada Anak-anak Elim sebagai bentuk kepedulian dan pelayanan gereja. Lewat pokok doa bersama, mengharapkan anak-anak Elim  kelak dapat mandiri. Dan mereka tetap  mengingat adik-adiknya yang masih  tinggal di Panti Asuhan Elim yang membutuhkan kasih sayang. Mereka kelak ketika sukses dapat  membantu adik-adiknya di Elim dan tetap menjalin hubungan komunikasi yang baik. Hal ini disampaikan oleh Pimpinan Elim, Pdt. Evelin Sihombing, M.Th dan Kepala Departemen Diakonia HKBP, Pdt. Debora Purada Sinaga,MTh ketika memberikan motivasi  kepada 12 anak Panti Asuhan Elim yang akan tamat SMA/SMK di tahun 2021 pada tanggal 2/4/2021 di ruang makan  PA Elim HKBP,  Pematangsiantar.  Jangan putus asa dan tetap memiliki pengharapan. (SKD-DAT)