HKBP Buntu Raja Berjubileum 125 Tahun

HKBP Buntu Raja Resort Muara Distrik XVI Humbang Habinsaran terletak di Desa Sitanggor Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara. Gereja ini berdiri tanggal 28 Oktober 1898.


Menurut Pimpinan Jemaat HKBP Buntu Raja, St. Pamolha Simaremare, ketika terjadi ketegangan antara pasukan Belanda dengan pasukan Sisingamangaraja ke XII, saat itulah misionaris pertama kali  ke Desa Sitanggor.  Misionaris ini juga telah berkarya di HKBP Tampahan dan HKBP Meat. Maka sangat dimungkinkan, misionaris yang datang adalah utusan tuan Fredreich Kaiser.


Panitia, Majelis dan seluruh jemaat HKBP Buntu Raja menyepakati Jubileum 125 tahun diselenggarakan pada Minggu (29/10/2023). Perayaan Jubileum dipimpin oleh Kepala Departemen Marturia, Pdt. Daniel Taruli Asi Harahap, M.Th didampingi Praeses, Pdt. Darna Lumbantobing, S.Th dan Pendeta Resort, Pdt. Leonardo Sinambela, S.Th. 


Pdt. Daniel menegaskan dalam khotbahnya, "puncak perayaan Jubileum terletak pada ibadahnya, bukan setelah ibadah. Sebab perayaan Jubileum bukan hanya seremonial, tetapi perayaan pembebasan, kemenangan yang dilakukan oleh Yesus Kristus terhadap manusia berdosa.


Umat yang mengikuti ibadah diperkirakan 250 jiwa, tetapi di kegiatan pesta ada sekitar 700 jiwa berkumpul di halaman gereja. Sekitar 450 jiwa tamu undangan hadir mengikuti dan turut merayakan Jubileum 125 tahun HKBP Buntu Raja.


Beberapa undangan memberi  keterangan kepada pihak media; tradisi gereja-gereja di sekitar Kecamatan Muara, setiap undangan yang diutus mengahadiri pesta gereja lain harus lebih dahulu beribadah di gereja masing-masing. 


Pesta Jubileum berlangsung dengan baik dan cukup meriah. Pembiayaan perayaan Jubileum dapat terpenuhi dari kesatuan jemaat, partisipasi  par undangan dan pemerinta. Kini jemaat HKBP Buntu Raja berjumlah 76 kepala keluarga atau 315 jiwa (B.TIK)


Pustaka Digital