HKBP Lippo Cikarang Rayakan Pesta Perak di Gedung Graha Tiara Cikarang yang dilengkapi dengan Peralatan Jimmy Jibb

Awal berdirinya HKBP Lippo Cikarang tidak terlepas dari beberapa tokoh yang memberi hatinya untuk mengembangkan pelayanan di daerah Bekasi, antara lain 

St Ruben Z Simanjuntak, St Togi Situmorang, dan St Thomson Tambunan. Tokoh-tokoh ini membentuk komunitas Serikat Tolong Menolong (STM) Dos Roha  di Cikarang. Komunitas ini menjadi bagian pelayanan HKBP Duren Jaya, yang kemudian diberi nama Pos Pelayanan.


Ibadah pertama diselenggarakan pada  Minggu, 26 Oktober 1998.  Dalam satu dekade, pertumbuhan jemaat HKBP Lippo Cikarang sangat pesat. Tahun  2008, gereja ini diresmikan menjadi jemaat Induk atau Ressort yang  dipimpin oleh almarhum Praeses, Pdt. Armada Sitorus, MTh.


Sesuai statistik HKBP Lippo Cikarang tahun 2022, gereja ini memiliki jumlah jemaat 734 kepala keluarga atau 2.934 jiwa dengan jumlah majelis sebanyak 41 orang. 38 orang penatua dan 3 orang pelayan penuh waktu.


Ibadah dan kegiatan 25 Tahun HKBP Lippo Cikarang diadakan di gedung gereja dan gedung Graha Tiara yang dilayankan oleh Ompu i Ephorus, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar didampingi Praeses HKBP Distrik XIX Bekasi, Pdt. Mangatur Manurung, M.Th, Pendeta Resort, Pdt. Effendi Purba, S.Th, MM dan Pendeta Fungsional, Pdt. Petrick Tambunan, S.Th. 


Di gedung gereja dilaksanakan ibadah singkat dan penandatanganan prasasti yang dilanjutkan dengan ibadah raya dan pesta. Ompu i Ephorus menegaskan dalam khotbahnya, bahwa untuk melakukan pemberitaan Injil membutuhkan komitmen, keberanian, sikap ramah dan lemah lembut. Supaya yang menerima Injil hidup sesuai  dengan Fiman Tuhan.


Setelah ibadah berbagai acara dilanjutkan seperti manortor, penyematan ulos dan pengundian droprize. Tampak kegembiraan jemaat dan para undangan, sebab perayaan 25 tahun dipadu dengan Pesta Raya Panen  (Gotilon).


Satu hal yang menarik pada kegiatan pesta tersebut adalah  perhatian Ompu i Ephorus terhadap Peralatan penggerak kamera yang dikenal dengan Jimmy Jibb. Pihak media menerima keterangan dari Ompu i Ephorus bahwa HKBP memiliki beberapa gedung-gedung besar yang dapat dipergunakan untuk pagelaran-pagelaran akbar, seperti Auditorium Seminarium Sipoholon, Auditorium Universitas HKBP Nommensen Medan dan Pematangsiantar dan Conference Hall di Perkampungan Pemuda HKBP Jetun Silangit.


"HKBP akan mengupayakan peralatan Jimmy Jibb ini di Gedung Conference Hall yang ada di Perkampungan Pemuda HKBP Jetun Silangit. Sebab hal ini akan menambah nilai tawar dan sangat menyenangkan hati pihak-pihak yang menyewa gedung tersebut serta hasilnya akan menjadi penambahan pemasukan kepada sentralisasi keuangan HKBP," terang Ompu i Ephorus. (B.TIK)

Pustaka Digital