HKBP Peduli Banjir Bandang - Tanah Longsor Baktiraja Bakara

Tepat hari Jumat malam, Pukul 21.45 WIB, terjadi Bencana Banjir Bandang – Tanah Longsor di Desa Simangulampe, Huta Godang – Huta Sosor, Kec. Baktiraja – Kab. Humbang Hasundutan. Kejadian ini menimpa korban sekitar ± 50 KK, 1 Gereja, 1 Sekolah dan 1 Poskesdes/Pustu. Sedangkan Korban orang hilang sebanyak 12 orang berdasarkan Laporan sementara dari petugas BNPB yang sedang bekerja dilokasi kejadian. 

12 orang tersebut yaitu:

1. Pintar Simanullang

2. Juni Silaban

3. Adriano Silaban

4. Tiamin Sinambela

5. Lasroha Simanullang

6. Eva Purba

7. Kriston Siregar

8. Desman Sihombing

9. Op. Gomgom

10. Inang br. Banjarnahor

11. Inang br. Lubis

12. Inang br. Simanjuntak


Sedangkan data rumah yang tertimbum penuh oleh lumpur dan batu yang dibawa oleh Banjir Bandang sampai saat ini sebanyak 14 rumah sudah termasuk 3 unit Fasilitas Umum, dengan kondisi Berat dengan kondisi sebagian rata dengan tanah, yaitu:

1. Rumah Ramses Simanullang

2. Rumah Marlon Simanullang

3. Rumah A. Sogun Simanullang

4. Rumah Danni Situmorang

5. Rumah Desman Sihombing

6. Rumah Lasro Simanullang

7. Rumah Lambok Simanullang

8. Rumah Op. Rolando Simanullang

9. Rumah T. Sinaga

10. Rumah A. Parasian Sinaga

11. Rumah Rapael Simanullang

12. Hotel Senior Bakara

13. SD Negeri Simangulampe

14. Poskesdes


Ada dua dugaan kuat penyebab terjadinya Banjir Bandang – Tanah Longsor ini. Dugaan pertama, bencana inidiakibatkan oleh curah hujan yang tinggi, sehingga mengakibatkan longsor. Sedangkan dugaan kedua yaitu diakibatkan oleh muntahan perut bumi, mengeluarkan air, lumpur dan batu besar, hal ini dikuatkan oleh arus air yang masih mengalir sampai sehari setelah kejadian dan sumber keluarnya air, lumpur dan batu besar berbentukliang/lubang besar seperti gua. Ini artinya bahwa air, lumpur dan batu keluar dari dalam bumi, bukan longsoran perbukitan.


Mari kita saling mendoakan, semoga seluruh korban diberikan kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi peristiwa Banjir Bandang – Tanah Longosr ini. Semoga Tuhan Yesus melindungi dan menguatkan kita semua.

Salam dari kami, Pelayan Gereja di HKBP Ressort Bakara, Pdt. Tony Nainggoan, S.Th.



Donasi Tanggap Cepat Bencana bisa disalurkan melalui Rekening Gereja HKBP Sinambela Simanullang Res. Bakara Bank BRI a.n. HKBP SINAMBELA SIMANULLANG

No. Rekening : 5389-01-010962-53-0.



Pustaka Digital