Jubileum 100 Tahun HKBP Simarmata, Sekjend HKBP: "Menjadi jemaat yang dewasa dalam iman & perbuatan!"

SIMARMATA, hkbp.or.id - Jemaat HKBP Simarmata merayakan Jubileum 100 tahun sambil mengingat karya Allah melalui Pdt. L. Bregenstroth yang memberitakan Injil di Simarmata (22/10/2023). 



Menurut penuturan sejarah, pada tanggal 16 Oktober 1923, Pdt. L. Bregenstroth melaksanakan Baptisan Kudus yang pertama kepada 22 orang yang datang dari 5 keluarga sehingga tanggal itulah yang ditetapkan menjadi hari jadi Jemaat Simarmata.


Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan hadir dan menyampaikan khotbah yang berdasar kepada Kitab Yesaya 45: 1-7.

Dalam khotbahnya Pdt. Tinambunan menjelaskan bahwa teks Kitab Yesaya yang menjadi dasar khotbah menunjukkan bahwa Allah memiliki wewenang dan inisiatif sendiri di luar dari pikiran manusia.


"Allah memakai berbagai cara yang di luar pikiran manusia untuk merawat umat-Nya supaya hidup dan bisa kembali dari pembuangan," terang Pdt. Tinambunan

Kisah tentang Raja Koresh yang dipakai Allah untuk menyelamatkan bangsa Israel ternyata bukan untuk menunjukkan kekuatan Raja Koresh melainkan kekuatan Allah sendiri.

"Kitab Yesaya menunjukkan bahwa Allah lah yang memberikan kekuatan kepada Raja Koresh sehingga bukan karena kekuatan Koresh melainkan karena Allah sendiri," jelas Pdt. Tinambunan


Meskipun Raja Koresh yang dipakai Allah menjadi alatnya, tujuan utamanya adalah supaya Allah saja yang dimuliakan, "Supaya engkau tahu, bahwa Akulah TUHAN, Allah Israel," tegas Pdt. Tinambunan.

Persoalan penyakit masyarakat yang masih merebak di Samosir turut menjadi sorotan dalam khotbah Pdt. Tinambunan.


"Sudah 100 tahun berita Injil di Simarmata, sudah sepatutnya kita menjadi Jemaat yang dewasa dalam iman dan perbuatan! Jangan terlibat dalam judi dan penyakit sosial lainnya, melainkan ajarilah anak-anak kita ini tentang kasih Allah supaya kita bisa melihat mereka merayakan Jubileum 125 dan 150 tahun HKBP Simarmata kelak!" tutup Pdt. Tinambunan.

Ibadah dilayani oleh Pdt. Robert Silaban, Pendeta yang pernah bertugas melayani di HKBP Simarmata sebagai pendoa syafaat.


Praeses HKBP Distrik Samosir, Pdt. Rein Justin Gultom dan Pendeta Resort HKBP Simarmata, Pdt. Prapty Sihombing sebagai Liturgis.


Hadir juga para pelayan penuh waktu se-Distrik Samosir untuk beribadah bersama jemaat HKBP Simarmata.

(SKS-NS)