Renungan Harian HKBP | 22 Oktober 2023 (Evangelium)

Saudara/i yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus. Pada hari Minggu yang berbahagia ini, marilah kita sejenak mendengarkan firman Tuhan sebagai penuntun dalam menjalani kehidupan yang Tuhan berikan kepada kita.


Doa Pembuka: “Damai sejahtera Allah yang melampaui segala akal, itulah kiranya yang menyertai hati dan pikiran saudara/i, dalam Kristus Yesus, Tuhan kita. Amin”


Firman Tuhan yang ditetapkan bagi kita pada hari Minggu XX Setelah Trinitatis, 22 Oktober 2023 tertulis pada Yesaya 45 : 1 - 7.

1. Beginilah firman TUHAN: "Inilah firman-Ku kepada orang yang Kuurapi, kepada Koresh yang tangan kanannya Kupegang supaya Aku menundukkan bangsa-bangsa di depannya dan melucuti raja-raja, supaya Aku membuka pintu-pintu di depannya dan supaya pintu-pintu gerbang tidak tinggal tertutup.

2. Aku sendiri hendak berjalan di depanmu dan hendak meratakan gunung-gunung, hendak memecahkan pintu-pintu tembaga dan hendak mematahkan palang-palang besi.

3. Aku akan memberikan kepadamu harta benda yang terpendam dan harta kekayaan yang tersembunyi, supaya engkau tahu, bahwa Akulah TUHAN, Allah Israel, yang memanggil engkau dengan namamu.

4. Oleh karena hamba-Ku Yakub dan Israel, pilihan-Ku, maka Aku memanggil engkau dengan namamu, menggelari engkau, sekalipun engkau tidak mengenal Aku.

5. Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain; kecuali Aku tidak ada Allah. Aku telah mempersenjatai engkau, sekalipun engkau tidak mengenal Aku,

6. supaya orang tahu dari terbitnya matahari sampai terbenamnya, bahwa tidak ada yang lain di luar Aku. Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain,

7. yang menjadikan terang dan menciptakan gelap, yang menjadikan nasib mujur dan menciptakan nasib malang; Akulah TUHAN yang membuat semuanya ini.

Saudara/i yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus.


Pernahkah kita mengalami situasi yang demikian terdesak, sehingga kita memerlukan pertolongan teman, saudara, atau orang yang kita kenal? Kita semua pastilah pernah mengalaminya dan itu adalah hal yang wajar dialami oleh setiap manusia. Namun yang menarik dan yang mungkin jarang kita alami adalah ketika kita memerlukan pertolongan, tetapi yang datang memberikan pertolongan itu justru datang dari orang yang kita tidak kenal atau orang yang kita anggap tidak akan datang untuk menolong kita. Kemungkinan yang seperti itu akan terjadi boleh karena seseorang yang tidak mengenal itu memang adalah orang baik, boleh juga karena memakai kesempatan itu untuk memperoleh sesuatu untuk kepentingannya, boleh juga karena memang hatinya tergerak untuk memberikan pertolongan sekalipun ia tidak mengenalnya.


Saudara/i yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus.

Seperti halnya pada nas khotbah yang telah kita dengar tadi, bahwasanya Allah memakai seseorang untuk memberikan pertolongan/memberikan keselamatan kepada orang yang sama sekali tidak mengenalnya. Sangat menarik, orang yang menerima pertolongan itu tidak mengenal si penolong itu, dan si penolong itu juga tidak mengenal orang yang memakai dirinya dan memberikan kuasa dan kekuatan itu. Begitulah pemahaman secara singkat tentang nas tersebut. Koresh diangkat sebagai petugas Tuhan, setelah kerajaan dihapuskan di Israel akibat jatuhnya Samaria dan Yerusalem. Sekalipun Koresh tidak dipanggil dengan hamba Tuhan oleh karena ia tidak mengenal Allah Israel, tetapi melaluinya lah rencana Allah dilaksanakan. Seseorang yang tidak mengenal Allah, dipakai Allah untuk menyatakan kuasaNya, itulah Koresh yang diurapi Allah yang membebaskan Israel dari perbudakan. Kejatuhan Israel dipandang sebagai sejarah akhir dari kuasa Allah Israel yang berarti perbudakan Israel juga menandakan bahwa kuasa Allah itu tidak akan pernah ada lagi. Namun Allah tidak meninggalkan bangsa pilihanNya Israel.


Allah menggerakkan Koresh, sekalipun Koresh tidak mengenalNya tetapi melalui Koreshlah Allah menyatakan keselamatan yang akan dinyatakan kepada bangsa Israel. Allah akan mengalahkan bangsa-bangsa dan melucuti raja-raja, serta melakukan apapun juga dengan meratakan gunung-gunung, memecahkan pintu-pintu tembaga, mematahkan palang-palang besi. Allah juga akan memberikan harta benda dan harta kekayaan yang terpendam dan tersembunyi agar semua bangsa tahu bahwa Dialah Tuhan, Allah Israel, tidak ada yang lain kecuali Allah Israel. Dialah Allah yang menciptakan langit dan bumi, yang menjadikan terang dan gelap, Dialah Allah yang telah ada dari awal penciptaan.

Saudara/i yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus

Demikianlah melalui firman ini, Allah ingin menyatakan dan mengingatkan kita bahwa:


1. Allah itu tidak terbatas dan tidak akan pernah ada yang bisa membatasi rancangan Allah. Seandainya Allah terbatas menyatakan kehendakNya, Ia mungkin tidak dapat memakai Koresh yang tidak mengenalNya untuk menggenapi rencanaNya. Tetapi Allah justru menyatakan kuasaNya melalui kehadiranNya terhadap orang yang sama sekali tidak mengenal dan percaya kepadaNya. Demikianlah dalam kehidupan kita hingga pada saat ini, kuasa Allah yang tidak terbatas itu nyata di dalam kehidupan kita sehari-hari. Pertolongan Allah juga boleh melalui orang lain yang mungkin tidak kita kenal ataupun yang tidak kita sangka memberikan pertolongan itu kepada kita. Allah menolong bangsa Israel dengan cara yang berbeda, demikian juga dengan kita Allah memberikan pertolongan, perlindungan, dan keselamatan itu dengan caraNya sendiri, bisa melalui orang yang berada dalam sekeliling kita, bisa juga melalui orang yang berada di luar sekeliling kita.


2. Kasih Setia Allah kepada Bangsa Israel, pilihanNya.

Allah murka terhadap perbuatan-perbuatan Israel yang acapkali meninggalkan Allah dan melakukan perbuatan-perbuatan yang melanggar kehendak Allah. Namun, Allah setia di dalam kasihNya yang telah Ia janjikan kepada bangsa pilihanNya itu. Kasih Allah tetap untuk selama-lamanya dan tidak akan pernah meninggalkan Israel. Ia memperhatikan kesesakan umatNya, dan Ia tampil sebagai sumber keselamatan yang memberikan keselamatan kepada bangsa Israel.


3. Tidak ada allah lain kecuali Allah Israel.

Keselamatan yang dinyatakan Allah kepada Israel menunjukkan bahwa Dialah yang telah ada sejak mulanya dan sampai pada akhirnya. Melalui kuasaNya, Allah menyatakan bahwa tidak ada allah lain kecuali Aku. Dialah TUHAN yang membuat segala sesuatu yang tidak ada menjadi ada, Dialah TUHAN yang menjadikan nasib mujur dan nasib malang. Dialah TUHAN yang menentukan segala sesuatunya sesuai dengan rencanaNya, sesuai dengan cara Allah sendiri yang bahkan tidak dapat dikalkulasi dan dipikirikan oleh manusia.


Saudara/i yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus.

Allah telah menyelamatkan kita dengan umatNya, memberikan pertolongan setiap saat pada waktuNya, memberikan kuasa kepada setiap orang percaya untuk hidup di dalam kuasa firman Allah. Melalui anakNya yang tunggal, Tuhan Yesus Kristus, Ia telah menggenapi karya keselamatanNya untuk semua bangsa, untuk semua orang, untukmu, untuk saya, dan untuk kita semua yang mengenal dan percaya kepada Allah. Untuk itu, marilah kita semakin mengenal keselamatan yang Tuhan Allah telah berikan kepada kita melalui firmanNya dan melalui proses dan pengalaman hidup yang dekat kepadaNya. Jika Allah memakai Koresh yang tidak mengenalNya, maka kita yang telah mengenal Allah juga seharusnya mau dipakai Allah dan tetap setia di jalan Allah. Amin


Doa Penutup: Ya Tuhan Allah kami di dalam nama AnakMu Tuhan Yesus Kristus, dan Roh Kudus. Terima kasih ya Tuhan, firmanMu yang kami dengar meneguhkan kami untuk mengenal keselamatan dan kasih setia Tuhan di dalam kehidupan kami. Ajar kami ya Tuhan Allah, untuk senantiasa bersandar dan mengandalkan Tuhan di dalam kehidupan kami. Kami serahkan seluruh kehidupan kami kepadaMu, kehendakMu lah yang terjadi dan berkuasa memelihara hati dan pikiran kami. Amin.