Minggu I Setelah Ephiphanias di HKBP Lumban Tongatonga Resort Butar Toruan Distrik XVI Humbang Habinsaran

Minggu, 08 Januari 2023, Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, melayankan khotbah di HKBP Lumban Tongatonga, Resort Butar Toruan, Distrik XVI Humbang Habinsaran. Kebaktian dimulai pukul 10.00 WIB dan hanya satu kali kebaktian. Kepala Departemen Koinonia tiba di lokasi gereja pukul 09.35 WIB dan disambut hangat para warga jemaat yang sudah terlebih dahulu tiba gereja dan para parhalado yang sudah berada di ruang konsistori.



Impresi pertama begitu tiba di lokasi gereja adalah kagum dengan keasrian dan kebersihan komplesk gedung gereja. Seperti suasana pedesaan pada umumnya, lapangan hijau dan taman bunga rumah pasotori yang mengitari kompleks gedung gereja terlihat bersih dan rapi. 



HKBP Lumban Tongatonga ini merupakan salah satu jemaat tua di wilayah Humbang, karena sudah berusia lebih dari 130 tahun. Saat ini jumlah anggota jemaatnya 280 KK yang terbagi ke dalam 9 wijk, dilayani oleh 20 orang sintua (5 di antaranya sintua ina). Jemaat ini dilayani oleh Pdt. Oswin Silalahi, S.Th., dan Bvr. Putry Sianipar. Jumlah pengunjung jemaat sangat banyak, mencapai 250 orang, hampir semua bangku di dalam gereja terisi. Ada 5 punguan kategorial yang aktif di jemaat ini.



Pada kebaktian minggu I setelah Ephipanias ini juga turut hadir Pdt. Makjen Nababan dan Pdt. Juwita Nababan, sebagai putra-putri jemaat ini yang kebetulan sedang pulang dalam rangka tahun baru. Selain dua orang pendeta ini, masih ada beberapa pendeta lainnya yang berasal dari jemaat ini, juga termasuk tokoh nasional seperti Panda Nababan, Putra Nababan, dan termasuk Ephorus Pdt. Dr. S.A.E. Nababan, adalah anak-anak dari jemaat ini.  


“Ephipanias atau ‘hapapatar’ merupakan pernyataan diri Allah dalam Yesus Kristus, yang dalam tradisi gerejawi dipahami untuk mengingat kunjungan orang Majus yang hendak menyembah sang Raja yang baru lahir, juga baptisan Yesus di sungai Yordan dan mukjizat Yesus di Kana – mengubah air menjadi anggur. Maka biarlah kasih dan kuasa Allah nyata dalam hidup kita umat pilihan-Nya karena kita semakin mengenali pernyataan diri Allah sehingga kita hidup dalam rasa syukur dan pujian kepada Allah dalam pengharapan,” ujar Pdt. Sinaga dalam khotbahnya. Kebaktian usai pukul 12.15 WIB. (DK-NXC)