Ompu i Ephorus Lantik Pdt. Dr. Sukanto Limbong Sebagai Ketua STT HKBP Pematangsiantar 2023 - 2027

Rapat senat Dosen STT HKBP Pematangsiantar pada tanggal 13 Oktober 2023 lalu  mengusulkan  Pdt. Dr. Sukanto Limbong kepada  Pimpinan HKBP sebagai Ketua STT HKBP Pematangsiantar 2023 - 2027. Usulan tersebut diterima, dipertimbangkan dan ditetapkan oleh Rapat Pimpinan HKBP. Tindak lanjut Rapat Pimpinan HKBP, Ompu i Ephorus lantik Pdt. Dr. Sukanto Limbong menjadi Ketua STT HKBP Pematangsiantar 2023-2027,  Selasa (7/11/2023) di HKBP Siantar Kota. 



Ibadah pelantikan dilayankan Kepala Departemen Marturia, Pdt. Daniel Taruli Asi Harahap, M.Th sebagai pengkhotbah dan Pdt. Emilda Sibarani, S.Th sebagai liturgis. Dalam khotbahnya dari 2 Petrus 1: 5-7, Pdt. Daniel Taruli menekankan pentingnya setiap orang menggali dan menambahkan kebajikan segala pengetahuan yang berguna pada iman, kekudusan dan ketekunan hidup.


Sebelum ibadah pelantikan di Ruang Senat Dosen diselenggarakan serah terima Ketua, dari Pdt. Dr. Hulman Sinaga kepada Pdt. Dr. Sukanto Limbong. Dalam sambutannya usai ibadah Pelantikan, Pdt. Hulman Sinaga menceritakan masa kepemimpinannya pada periode 2019 - 2023. 



Selama dua setengah tahun adalah masa-masa sulit buat seluruh lembaga, termasuk STT HKBP. Di masa ini, semua menerima pembelajaran dengan menggunakan teknologi dan anggaran dilaksanakan dengan swadaya, terang Pdt. Hulman.

Di sela sambutannya yang mengappresiasi pimpinan HKBP, Dewan Senat Dosen, dan para hadirin, Pdt. Hulman mengundang Pdt. Maulinus Wellington Siregar, M.Th selaku Ketua Ikatan Alumni STT HKBP Pematangsiantar (IAS), yang juga Ketua Rapat Pendeta untuk memberi sambutan.


Riuhan suara tepuk tangan hadirin mengantar Pdt. Maulinus naik ke mimbar untuk memberi sambutan dan bantuan kepada STT HKBP Pematangsiantar. Ketua STT yang baru, Pdt. Sukanto menegaskan dunia diisi dengan lompatan-lompatan kemajuan teknologi, seperti artificial intelegence (AI).


Beberapa prioritas yang akan dicapai selama empat tahun seperti kekeluargaan- kebersamaan Kampus, akreditasi, peningkatan kualitas, hubungan kerjasama Gereja dan Masyarakat, jelas Pdt. Sukanto. Pesan Pastoral Ompu i Ephorus menegaskan bahwa STT HKBP berperan penting untuk meneruskan gerakan Yesus di dunia pada masa kini dan masa depan. 


Ompu i Ephorus berterima kasih atas kinerja Pdt, Hulman yang memimpin STT HKBP selama 4 tahun dan berharap kepada Pdt. Sukanto dapat mengikuti dan meningkatkan kualitas lembaga STT HKBP ke depannya.

Peristiwa pelantikan dihadiri Pimpinan HKBP, beberapa Praeses, Pendeta pensiunan,  para pelayan dan warga dari berbagai daerah, Bupati Simalungun, unsur Forkopimda Simalungun dan Pematangsiantar, Dewan Senat Dosen serta mahasiswa  STT HKBP Pematangsiantar (B.TIK)

Pustaka Digital