Perayaan Kesatuan Gereja-Gereja Lutheran se-Indonesia dan Malam Budaya

Mengakhiri kunjungan kerjanya ke Kantor Pusat HKBP Pearaja - Tarutung mulai tanggal 22-23 November 2023. Malam ini dilaksanakan kebaktian Raya Gereja Anggota KN-LWF bersama dengan Sekretaris Umum Lutheran World Federation yang baru, bertempat di HKBP Resort Pearaja. Ibadah di pimpin oleh Rev. Anne Burghardt, Liturgis Pdt. Debora Sinaga, M.Th, Doa syafaat Pimpinan gereja anggota KN-LWF dan Penerjemah Pdt. Dr. Deonal Sinaga. (Kamis, 23 November 2023) 


Dalam Khotbah yang di sampaikan Rev. Anne, beliau menyampaikan dan menyerukan upaya perdamaian dalam dunia. Dalam khotbahnya Rev.Anne menekan pentingnya membawa kebaikan Allah kepada semua orang. Menghadirkan kebaikan dan melakukan kepada semua orang dan juga kepada seluruh makhluk karena sesungguhnya itulah yang dikehendaki Allah. Oleh karena itu hendaknya kita senantiasa hidup damai serta senantiasa memelihara dan kasih persaudaraan dalam Yesus Kristus,sekarang dan selamanya. 


Beliau mengajak agar seluruh yang telah hadir dapat menjadi jalan mewujudkan dunia yang damai dan bersatu. Untuk itulah gereja tak perlu takut menghadapi pembaharuan dan melakukan hal-hal yang baik atas komitmen yang di sepakati oleh gereja-gereja ekumenis untuk melayani Tuhan, dan menyatakan keadilan dan kedamaian yang kita bangun demi kemuliaan Kristus.



Ephorus HKBP sebagai perwakilan dalam memberikan sambutan di malam ini mengatakan: Ibadah malam ini dilaksanakan di HKBP Pearaja Tarutung bersama-sama dengan anggota gereja- gereja Lutheran Se Indonesia adalah sebagai tanda perayaan kesatuan Gereja-gereja Lutheran, bahwa kita adalah satu kesatuan. Dalam pertemuan ibadah ini ephorus HKBP menghimbau supaya semua gereja-gereja lutheran se-Indonesia ini menjadi suatu persekutuan yang membangun kekerabatan yang lebih erat untuk menjunjung tinggi persaudaraan dalam pelayanan yang ekumenis. 




Perayaan Kesatuan Gereja-gereja Lutheran se-Indonesia dan Malam Budaya ini di hadiri oleh utusan tiap gereja anggota LWF sekitar Tarutung - Siborongborong, Mahasiswa STD, Mahasiswa STB, Mahasiswa STGH, Bupati Toba, Pemerintah Taput staf dan pegawai Kantor Pusat HKBP dan Beberapa Praeses. Usai Ibadah Raya di HKBP Pearaja Tarutung, dilanjutkan kembali acara ramah tamah dan Malam Budaya bersama dengan seluruh tamu undangan di Gedung Raja Pontas Lumbantobing. (NT&NS_BTIK)

Pustaka Digital