Pospel HKBP Majalengka Resmi Menjadi Huria Na Gok

Pospel HKBP Majalengka ini berawal dari inisiasi pengurus pospel distrik yang dibantu oleh HKBP Resort Bandung Riau Martadinata dan HKBP Sumedang untuk membentuk sebuah pospel pada tahun 2022. Sejak saat itu, persekutuan ini telah tumbuh dan berkembang menjadi tempat ibadah dan pertemuan bagi warga Batak di Majalengka. Perkembangan Pos Pelayanan (Pospel) HKBP Bandung Riau Martadinata di Majalengka memperlihatkan kemajuan yang baik sejak mulai dibentuk pada tahun 2022. Saat ini, daerah Majalengka sendiri telah menjadi tempat tinggal bagi lebih dari 700 Kepala Keluarga (KK) orang Batak, yang sebagian besar berasal dari daerah Bona Pasogit seperti Humbang, Dairi, dan Samosir.


Keberagaman kehidupan beragama di Majalengka tercermin dari keberadaan 17 gereja, antara lain, GKP, Pentakosta, GPI, GKI, Katolik, dan Gereja Tabernakel, yang menyediakan tempat bagi warga Batak untuk beribadah sebagai anggota jemaat. Berdirinya Pospel HKBP Majalengka ditandai dengan kebaktian pertama yang dihadiri oleh sekitar 60 jiwa. Kemudian pada tanggal 19 Juni 2022, secara resmi ditetapkan sebagai Pospel HKBP dengan jemaat yang berjumlah 11 KK. Pada awalnya, kebaktian dilakukan secara berkeliling di rumah penduduk selama 2 bulan. Namun, atas izin Pangkostrad Maruli Simanjuntak, Pospel HKBP Majalengka diberikan izin untuk memakai gedung aula Batalyon setempat sebagai tempat beribadah yang tetap. Memasuki bulan November 2022, gedung Gereja Oikumene dibangun di kompleks Batalyon, yang sejak saat itu menjadi tempat ibadah tetap bagi jemaat HKBP.


Seiring berjalannya waktu, termasuk menjelang peresmian sebagai huria na gok, jumlah jemaat terus bertambah hingga mencapai 35 KK. Pospel HKBP Majalengka terus tumbuh dan berkembang sebagai wadah pertumbuhan rohani bagi komunitas Batak dan juga orang Kristen di Kabupaten Majalengka. Ibadah peresmian Huria HKBP Majalengka dilaksanakan pada Minggu ke-XXIV Setelah Trinitatis, 19 November 2023 yang dipimpin oleh Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga sebagai pengkhotbah, dan Praeses HKBP Distrik XVIII Jabartengdiy, Pdt. Pahala Sitorus, S.Th., bertugas sebagai liturgis. Sebelum ibadah dimulai, terlebih dahulu diawali dengan penandatangangan prasasti oleh Ketua Panitia (Untung Fernando Sihombing), Uluan ni Huria HKBP Majalengka (Cal. Pdt. Simon A. Sibarani, S.Th.), Ketua Pospel (Ny. Duma Sibarani br. Hutapea), Koord. Pospel (Pdt. Jason Simanjuntak, S.Th., M.M.), Praeses HKBP Distrik XVIII Jabartengdiy (Pdt. Pahala Sitorus, S.Th), dan Kepala Departemen Koinonia HKBP (Pdt. Dr. Deonal Sinaga). Selanjutnya jemaat dan seluruh undangan yang hadir bersama-sama menyaksikan pembukaan tirai oleh Pimpinan HKBP. Pdt. Dr. Deonal Sinaga.


Acara kemudian dilanjutkan dengan Ibadah di gedung yang diisi penuh oleh jemaat serta undangan yang hadir. Ibadah berjalan dengan baik dan penuh sukacita. Setelah ibadah selesai, kegiatan dilanjutkan dengan acara penggalangan dana untuk pembangunan rumah dinas dan sekretariat HKBP Majalengka. Turut hadir juga Drs. Darius Simanjuntak (orang tua Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak) untuk memberikan kata sambutan. Gedung dipenuhi oleh para undangan yang datang, yakni Lansia HKBP Bandung Riau Martadinata, PSW Abigael HKBP Bandung Tengah, Tim Pospel Distrik XVIII Jabartengdiy, Batalyon Yonif R 321 GT, dr. Mikael Sinaga, Ina Kamis, PKSG Majalengka, dan juga tamu undangan  parsahutaon dan marga-marga di Kabupaten Majalengka. Seluruh rangkaian acara berjalan dengan baik penuh sukacita dari awal hingga akhir. (DK-NXC-FMS)