Renungan Harian HKBP | 19 Maret 2024

Doa Pembuka: Marilah kita berdoa!Puji syukur Tuhan atas segala kebaikanMu bagi kami, Engkau tetap setia dan penuh kasih walaupun kami sering melakukan yang tidak berkenaan dihadapanMu. Untuk itu kami datang kepadaMu Tuhan untuk mengucap syukur, memohon dan berdoa atas segala kebaikanMu yang kami terima hingga saat ini. Engkaulah Tuhan yang kami sembah dan kami muliakan tidak ada yang lain di dalam hidup kami. Pada saat ini  kami akan mendengarkan firmanMu, bukalah hati dan pikiran kami serta jadikanlah menjadi media untuk bertumbuh, berkembang dan berbuah di dalam praktek hidup kami masing-masing. Inilah doa dan permohonan yang kami sampaikan hanya di dalam nama AnakMu Tuhan Yesus Kristus Tuhan kami. Amin.

 

Firman Tuhan hari ini, Jumat 19 Maret 2024, tertulis di: 

Yesaya 66 : 18

Aku mengenal segala perbuatan dan rancangan mereka, dan Aku datang untuk mengumpulkan segala bangsa dari semua bahasa, dan mereka itu akan datang dan melihat kemuliaanKu.

“Alai anggo Ahu, sai ro do maningkir jadijadian dohot sangkap nasida i, laho papunguhon nasa bangso parbegu dohot dila, gabe ro nasida, jala idaonna hamuliaonHu”

 

Tema: "ALLAH ADALAH ALLAH YANG MAHA KASIH"

Bapak Ibu dan saudara terkasih di dalam Nama Tuhan kita Yesus Kristus...

Yesaya 66 adalah pasal terakhir dari kitab Yesaya dalam Perjanjian Lama di Alkitab. Memuat Firman Allah yang disampaikan oleh nabi Yesaya bin Amos terutama berkenaan tentang Yehuda dan Yerusalem. Nabi ini hidup pada zamanraja UziaYotamAhas dan Hizkia dari Kerajaan Yehuda sekitar abad ke-8 SM.

Pesan apa yang disampaikan nabi Yesaya kepada umat Israel?

Nabi Yesaya diutus untuk mengajak orang Israel bertobat dari ketidakadilan. Yesaya menyadarkan mereka agar percaya kepada Allah. Yesaya juga mendorong para pemimpin untuk hidup menurut ajaran Allah dan berlaku adil. Ia mengingatkan bahwa umat Allah akan celaka dan binasa kalau tidak mendengarkan Allah.

Penulis kitab Yesaya mengingatkan kepada kita; bagaimana Allah dalam hidup ini. Allah adalah Allah yang mahakasih. melalui umat-Nya, Allah memberitakan tentang kasih dan kuasa-Nya, kepada mereka yang belum mengenal Dia, diperkenalkan-Nya diri-Nya supaya orang menikmati kebaikan-Nya, dapat kita lihat di dalam Yesaya 66 : 22-23

Ayat 22          Sebab sama seperti langit yang baru dan bumi yang baru yang akan Kujadikan itu, tinggal tetap di hadapan-Ku, demikianlah firman TUHAN, demikianlah keturunanmu dan namamu akan tinggal tetap.

Ayat 23          Bulan berganti bulan, dan Sabat berganti Sabat, maka seluruh umat manusia akan datang untuk sujud menyembah di hadapan-Ku, firman TUHAN. 

 

Dialah Tuhan yang penuh kasih terhadap manusia dan yang menyelamatkan semua makhluk. Keselamatan yang dari Tuhan adalah bagi yang mau datang kepada-Nya. Orang kusta dan seorang perwira asing menurut pemimpin agama waktu itu tidaklah termasuk mereka yang patut menerima kasih Allah. Namun, karya Yesus tak terbatasi oleh apapun; ketika Dia mau menyelamatkan dan menyembuhkan, maka Yesus menyembuhkan mereka, supaya semua orang terundang untuk diselamatkan. Dan kata Yesus tentang seorang perwira di Kapernaum, dapat kita lihat di dalam Injil Mateus 8 : 10 - 11

Ayat 10          Setelah Yesus mendengar hal itu, heranlah Ia dan berkata kepada mereka yang mengikuti-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorang pun di antara orang Israel.

Ayat 11          Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan datang dari Timur dan Barat dan duduk makan bersama-sama dengan Abraham, Ishak dan Yakub di dalam Kerajaan Sorga.

Iman yang besar dan yang percaya Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat, inilah yang menuntun kita hidup dan melihat berbagai kemurahan Allah. Amin.

Doa Penutup: Marilah kita berdoa!Terima kasih Tuhan atas firman Mu semoga kami dapat melakukannya di dalam kehidupan kami masing-masing. Berkatilah aktivitas kami dalam satu hari ini, Engkaulah yang bersama dengan kami. Amin

Kasih Karunia dari Tuhan kita Yesus Kristus, anugerah dari Allah Bapa, dan persekutuan Roh Kudus. Kiranya menyertai kita. Amin.

Gr. Tumpal A.M. Sitanggang (Kabag Biro Ibadah Musik HKBP)

Pustaka Digital