Renungan Harian HKBP | 24 Oktober 2023

Shalom Selamat pagi bapak / ibu dan saudara / i yang terkasih di dalam nama Tuhan Yesus Kristus, marilah kita mempersiapkan diri untuk mendengarkan Firman Tuhan dengan bersaat teduh sejenak.

Doa Pembuka: Kita berdoa! Terima kasih Tuhan Yesus atas penjagaanMu buat kami sehingga kami dapat untuk memuji namaMu setiap waktu di dalam menjalankan pekerjaan kami setiap harinya. Tuhan Yesus sebelum kami membuka pekerjaan terlebih dahulu Engkau mau menyapa kami lewat firmanMu kiranya Tuhan datanglah di dalam kehidupan kami. Engkaulah ya Tuhan sebagai penjaga hidup kami. Amin.

Bapak / ibu dan saudara / i yang terkasih di dalam nama Tuhan Yesus Kristus yang menjadi renungan pada pagi hari ini Selasa 24 Oktober 2023 tertulis dalam Galatia 5 : 24 beginilah firman Tuhan: “Barang siapa menjadi milik Kristus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya”. 

Firman Tuhan hari ini mengingatkan kita yang mengatakan barang siapa menjadi milik Kristus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya. Sebagai orang percaya hidup kita ini milik Kristus sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas di bayar 1 Kor 6 : 20. Bukan dengan barang yang fana bukan pula dengan perak atau mas melainkan dengan darah

yang mahal yaitu darah Kristus yg sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat 1 Petrus 1 : 18 19. Menyalibkan daging maksudnya adalah menyalibkan segala hawa nafsu dan keinginan daging. Jika seseorang belum bersedia mau menanggalkan seluruh gaya hidup manusia lamanya yaitu manusia kaya akan hasrat daging yaitu keinginan keinginan yan g berasal dari kehendaknya sendiri dengan segala hawa nafsunya maka ia belum menjadi milik Kristus. Jika dirinya bukan milik Kristus maka ia dalam posisi milik kuasa dosa atau kegelapan. Dalam kitab suci banyak mengingatkan kita untuk hidup di tuntun atau dipimpin oleh Roh Allah. Seseorang yang sudah menjadi milik Kristus harus hidup oleh iman kepada Tuhan Yesus. Seseorang yg bersedia beriman kepada Tuhan Yesus haruslah bersedia tidak lagi memiliki keinginan keinginan dari diri sendiri seperti percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri percideraan, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Karena kita ini milik Kristus maka kita harus memiliki kehidupan yang berbeda dengan orang orang dunia. Jadi harus ada tanda yg menunjukkan bahwa kita ini milik Tuhan sebagai mana rasul paulus katakan pada tubuh ku ada tanda tanda milik Yesus Gal 6 : 17.


Oleh karena itu kita harus menunjukkan hidup yg baik yg berbeda dengan hidup yg berhawa nafsu atau duniawi. Kita ini surat Kristus yg terbuka bisa dibaca semua orang. Perbuatan kita harus meneladani kehidupanNya. Ketika hidup dipimpin oleh Roh, maka firmanNya akan memenuhi pikiran kita. Semua tindakan kita bukan lagi dikendalikan oleh hawa nafsu tetapi didorong oleh kasih Kristus semata. Jadilah hidup kita milik Kristus. Amin.

Doa Penutup : Ya Tuhan Allah kami, kami berterima kasih atas firmanMu ini, yang mengajari kami dan mengingatkan kami supaya kami meninggalkan kehidupan kehidupan lama. Hidup kami ini Tuhan hanya menjadi milikMu saja. Engkau telah membayar kami dengan darahMu yang Kudus dan keinginan keinginan jahat buang dari pikiran kami. Jadikanlah hidup kami menjadi milikMu . Amin.   

Anugrah Tuhan Yesus Kristus dan kasih setia dari Allah bapa serta persekutuan Roh Kudus kiranya menyertai kita sekalian . Amin

Bvr Cleopatra Sitorus- Kantor biro Zending Siantar

Pustaka Digital