Renungan Harian HKBP | 8 Januari 2024

Selamat Pagi saudara/saudara yang terkasih. marilah menyiapkan hati dan pikiran kita untuk menerima Firman Tuhan dengan bersaat teduh sejenak. 

Doa Pembuka: Mari kita berdoa! Bapa kami yang di Sorga, puji dan sykur kami panjatkan kehadiratmu, untuk cinta dan kasihMu yang senantiasa menyertai kami hingga saat ini. Sekarang kami akan mendengarkan FirmanMu, kuasai hati dan pikiran kami dengan RohMu, sehingga kami dapat memahami maksud dari Firman yang akan kami dengarkan. Dalam nama Yesus kami berdoa. Amin.

Saudara/saudari, Firman Tuhan untuk kita renungkan saat ini dari Mazmur 113: 3 “Dari terbitnya sampai kepada terbenamnya matahari terpujilah nama TUHAN.” Demikian bunyinya.

Memuji Tuhan sangatlah mudah ketika kita sedang baikbaik saja atau ketika sedang mendapatkan apa yang kita dambakan. Namun Bagaimana ketika kita sedang dalam keadaan yang tidak baik atau ketika kita sedang sangat sibuk dalam mengejar karir kita. apakah setiap saat, setiap langkah dalam segala keadaan kita tetap memuji Tuhan?

Saudara yang terkasih, Mazmur ini adalah seruan besar untuk memuji Tuhan atas kemuliaan-Nya yang besar dan agung, karena Dialah Tuhan Yang Maha Tinggi yang layak kita sembah. Dari nats renungan hari ini yang berbunyi “Dari terbitnya sampai kepada terbenamnya matahari terpujilah nama TUHAN” mengajak kita untuk merenungkan betapa besar dan agungnya Tuhan kita. Dia benarbenar berperan dalamsetiap detik perjalanan hidup kita. sungguh angung dan besar kuasaNya yang memelihara kita. sehingga Dia layak dipuji, diberi hormat terusmenerus sebagai ungkapan syukur kita atas pemeliharaaNya sebagai Sang pencipta dan Juruselamat kita.

Untuk itu saudara/sudari marilah terus mengingat bahwa, ketika matahari terbit di timur dan terbenam di Barat, itu artinya kita harus memuji Tuhan dan mengakui Dia dimanapun kita berada. Matahari terbit di pagi hari dan terbenam di sore hari, bararti kita harus memuji Tuhan sepanjang waktu, sepanjang hari. Karena setiap hari yang baru dan terbitnya matahari di pagi hari adalah berkat dari Tuhan.

Saudara/saudara yang terkasih, marilah memuji Tuhan sejak kita bangun dari tidur di pagi hari sampai kita akan beristirahat kembali di malam hari.  Marilah memuji Tuhan dengan totalitas, memuji Tuhan melalui semua pekerjaan kita, memuji Tuhan dimanapun dan Kapanpun, bahkan memuji Tuhan dalam segala kondisi kehidupan kita. Amin.

Doa Penutup: Mari kita berdoa! Ya Tuhan Allah yang mencipta dan memelihara kami Tuhan, sungguh Engkau layak menerima pujian kami dari pagi hingga terbenamnya matahari. Ampuni kami karena tidak selalu ingat untuk melakukannya. Kami memuji Engkau sekarang dan dalam setiap langkah kami.  Dalam nama Yesus, kami berdoa. Amin.

 Bvr. Hanna Putri Pasaribu, S.Ag- Melayani di Kantor Departemen Marturia HKBP

Pustaka Digital