"Tarehon hamu ma pinggolmuna, jala ro ma hamu tu Ahu! Tangihon hamu ma, asa mangolu tondimuna i! Jadi bahenonHu ma tu hamu padan salelenglelengna: I ma padan parasian na sintong i tu si David na so tupa muba.

Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud."

Jesaya 55 : 3

Caring is Sharing

Penyaluran dana Care and Share UEM dan HKBP Tahap II Tahun 2021


Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) melaksanakan care and share tahap II Tahun 2021 yang merupakan kerjasama dengan United Evangelical Mission (UEM). Care and share pada hari ini (6/5/2021) di Ruang Oval – Kantor Pusat HKBP. Solidarity action “care and share” UEM ini dahulunya dilaunching oleh Gereja EKir dan EKvW di Jerman yang mendeklarasikan spontanitas berbagi dari ratusan Pendeta dan juga para pegawai kantor dari kedua gereja tersebut. Dana yang telah terkumpul dibagikan untuk sahabat dan saudara/i di Africa dan Asia yang kehilangan mata pencaharian akibat dampak dari pandemik covid 19.  UEM yang berpusat di Wuppertal berusaha untuk membagikan dana yang terkumpul secara adil dan diberikan dengan orang-orang yang sangat membutuhkan. Ide care and share dibawakan dalam konsultasi dan dengan mempertimbangkan informasi serta fakta yang ada. Dana bencana akibat virus corona tersebut dibagikan dengan ketentuan bahwa setiap anggota gereja UEM di Africa dan Asia menerima 7500 EURO dibagikan kepada para staf, pendeta, guru, dan para medis yang terdampak pandemik covid-19. Ketika dana care and share ini sampai di gereja masing-masing, pemimpin gereja akan memutuskan kepada siapakah bantuan tersebut disalurkan kepada orang-orang yang sangat membutuhkan.


HKBP dalam hal ini telah menerima bantuan care and share tahap pertama sejumlah 7500 Euro pada Juli 2020 yang lalu, dan telah disalurkan kepada staf pegawai Kantor Pusat, pegawai Rumah Sakit HKBP di Balige, pegawai di Sekolah Tinggi Guru Huria, Sekolah Tinggi Bibelvrouw yang menerima balanjo di bawah Rp3.000.000,- per bulan dan diberikan bantuan beras kepada pegawai pensiunan dari Kantor Pusat HKBP.

Pada bulan Desember 2020 yang lalu. HKBP menerima kembali dana bantuan care and share tahap II sejumlah 5000 Euro. Pemimpin HKBP memutuskan untuk membagikannya kepada keluarga para pensiunan duda, janda staf pegawai, pendeta, guru huria, bibelvrauw, dan diakones yang menerima manfaat pensiun Rp300.000,- per orang. Data lengkap para penerima dana pensiun ini bekerja sama dengan Kantor Dana Pensiun HKBP. Adapun daftar yang telah diterima, penerima care and share tahan II ini adalah sebanyak 253 orang ditambah 13 orang yang prioritas paling membutuhkan.

Penyaluran care and share tahap II ini dilaksanakan secara semi virtual yang dihadiri penerima yang berdomisili di Tarutung, dan beberapa penerima lainnya hadir secara Virtual/zooming.  Kegiatan ini diawali dengan ibadah yang dipimpin oleh Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga sebagai pengkotbah, Kepala Biro Oikumene, Pdt. Sondang Napitupulu, M.Th. sebagai liturgis, dan Bvr. Asni Pasaribu sebagai pendoa syafaat. Teks kotbah yang disampaikan oleh Kepala Departemen Koinonia tertulis di Mazmur 118 : 1, “Bersyukurlah kepada Tuhan, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.” Dalam kotbahnya, beliau mengingatkan bahwa seluruh para pelayan yang sudah pensiun masih diingat oleh Tuhan tentang pelayanan oleh keluarga mereka yang dahulu pernah dilakukan. Disaat keluarga merasa bahwa tidak ada yang mengingat, namun penyaluran dana care and share ini mengingatkan kita bahwa Tuhan masih mengingat melalui doa orang-orang, melalui UEM, dan melalui HKBP meskipun kita pernah berjumpa sebelumnya atau bahkan tidak saling kenal. Namun, pelayanan UEM ini mencerahkan kita bahwa pelayanan keluarga kita baik yang masih sehat atau yang sudah meninggal dunia, masih diingat oleh Tuhan dan inilah kebaikan kasih setia Tuhan yang kita rasakan.


Pada kesempatan ini Kepala Departemen Marturia HKBP, Pdt. Kardi Simanjuntak, M.Th., menyampaikan kata sambutan dari Pimpinan HKBP. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa perjalanan paralealeon UEM dan HKBP sudah sangat lama. Penyaluran care and share ini adalah bentuk pelayanan oikumene yang tidak terbatas. Secara khusus, HKBP sangat terharu akan pelayanan ini yang dapat menyentuh para pegawai, pendeta, bibelvrouw, guru huria serta diakones yang sudah pensiun yang menerima manfaat dana pensiun. Meskipun dengan jumlah yang tidak banyak, namun ini sangat berarti bagi pelayanan gereja.

Setelah kata sambutan, dilanjutkan dengan penyerahan bantuan secara simbolis kepada penerima yang hadir (onsite). Seluruh penerima yang hadir secara langsung diberikan dana bantuannya oleh Pemimpin HKBP. Setelah penyampaian secara simbolis, dilanjutkan dengan kata sambutan dari 3 orang yang mewakili penerima dana care and share yaitu Ny. Pdt. Charles Tambunan/br. Silaban dari Banten, Bvr. Bungapola Simanjuntak di Ebenezer Sinaksak Pematangsiantar, dan Ny. Pdt.M.Sihombing br. Hutagaol. Dalam sambutannya, mereka menyampaikan ucapan terimakasih keapda UEM dan HKBP yang telah memperhatikan para penerima manfaat dana pensiun melalui penyaluran care and share ini.

Kegiatan ini ditutup dengan doa oleh Penghotbah, Pdt Dr. Deonal Sinaga. Kiranya damai Allah menyertai seluruh penerima dana pensiun, dan memberkati keluarga seluruhnya. Horas Tuhan memberkati.