Ephorus HKBP Hadiri Peletakan Batu Pertama Guest House Training Centre Panti Karya Hephata HKBP Laguboti


Laguboti-TOBASA. Telah berlangsung Peletakan Batu Pertama Pembangunan Guest House (Penginapan Pusat Pelatihan Kerja Pertanian Peternakan) Panti Karya Hephata HKBP Laguboti yang dihadiri Pimpinan HKBP Ompu i Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing bersama Ompu Boru M. Br. Siahaan, hari ini, Rabu (12/62019). Demikian Rombongan Donatur/Penyumbang dari HKBP Makassar, Praeses HKBP Distrik XI Toba Hasundutan Pdt. Donda Simanjuntak, S.Th, Pdt. Nixon Sitorus, S.Th (Perwakilan Praeses HKBP Distrik IV Toba sekaligus sebagai pengkhotbah ibadah), Camat Laguboti serta perwakilan Ibu PKK Kecamatan, Dinas Pariwisata Tobasa, Dinas Sosial Tobasa, Dinas Pertanian Tobasa, Lembaga Sekolah Tinggi Diakones HKBP, Sekolah Tinggi Bibelvrouw HKBP, dan Lembaga Sekolah Perawat HKBP, Para Pelayan Penuh Waktu dan Pegawai beserta dengan Keluarga besar Panti Karya Hephata Laguboti, Pemuka Masyarakat Sintong Marnipi, Biro Personalia HKBP, dan Biro Jemaat HKBP.

Pembangunan Guess House ini diadakan dikarenakan menjadi kebutuhan dari pengembangan pelayanan Panti Karya Hephata yang akan digunakan untuk penginapan induk dalam rangka traing center - Penginapan Pusat Pelatihan Kerja Pertanian PeternakanPanti Karya Hephata HKBP Laguboti. Training Center yang dimaksud dalam rangka tempat pelatihan keterampilan beternak serta bertani, misalnya peternakan ayam petelur yang sedang prioritas dikembangkan sehubungan dengan adanya sumbangan dari Bapak Donal Sihombing beberapa ruangan kepada Panti Karya Hephata, demikian dengan peternakan Babi, dan lainnya.

Diharapkan kedepan, training centre ini akan menciptakan dan menghasilkan orang – orang yang terampil dalam beternak dan bertani sehingga menolong masyarakat membangun ekonomi masyarakat, tentunya ada harapan juga nantinya ada kerjasama dan perhatian dari Pemkab Tobasa agar bisa menerbitkan sertifikat yang sah bagi lulusan dari pelantikan training centre ini. Ini semua tidak lepas dari bantuan, dukungan penuh, dan perhatian dari Ompu i Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing beserta jajarannya, demikian dukungan dari seluruh jemaat HKBP yang khususnya saat ini sudah datang yaitu  dari HKBP Makassar yang dipandu Pdt. Pansur Sijabat, kata Kepala Panti Karya Hephata Pdt. Osten Matondang mengawali acara.


Pengkhotbah Pdt. Nixon Sitorus menyampaikan Firman yang diangkat dari Rom 8: 26a “Alai nang tondi i, diurupi do hita di hagaleonta i, ai ndang taboto manang aha na tama sipangidoonta”. Dalam buku Tumbuh Lokal Berbuah Universal karya Ompu i Ephorus Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing ada berisikan tentang doa Ompu i Dr. I.L.Nommensen. Kutipan doa Dr. I.L. Nommensen di Kapal Pertinax, Hidupkanlah pengharapanku, supaya dengan hati yang rendah dan murni serta takut akan Engkau menjalani hidup ini. sertai aku setiap hari sebagaimana janjiMu, curahkanlah aku dengan rohMu, dan perlengkapilah aku dengan FirmanMu, supaya aku tidak kehabisan tenaga untuk melakukan FirmanMu. Ini adalah ungkapan seorang yang dikuasai oleh Roh Kudus, yaitu Ompu i Ephorus HKBP.

Seseorang yang dipenuhi Roh Kudus, adalah orang yang diberkati dan menjadi saluran berkat. Yang bertumbuh baik ke dalam dan keluar menjadi berkat bagi orang lain. “Alai nang tondi i, diurupi do hita di hagaleonta”. Di dalam kelemahan, kita mampu dan kuat untuk memberikan berkat bagi sekitar. Menjadi keistimewaan dan keunikan menjadi bukti seseorang yang telah diberkati, Roh Kudus menolong dan membangkitkan semangat dan hati serta tenaga keluar dari keterpurukan keluar dari segala kelemahan dan keluar menjadikan itu kekuatan kita. Roh Kudus mengajari kita untuk berbuah. Tumbuh dan berbuah di dalam dan keluar, itulah yang kelihatan dari jemaat dan saudara/i kita dari Sulawesi Selatan Distrik Indonesia Bagian Timur, yang datang kembali ke bonapasogit untuk membangun pelayanan sebagai bagian dari buah iman percaya kita semua, kata pengkhotbah.


Ibadah dilayani oleh Pdt Nixon Sitorus sebagai pengkhotbah dan Pdt Irene Situmorang sebagai liturgis. Usai ibadah, dilanjut dengan sambutan – sambutan, dan bimbingan pastoral Ompu i Ephorus HKBP. Pdt. Osten Matondang menambahkan kalau kini juga sedang berjalan pembangunan Biogas yang sedang dikembangkan kini sudah ada 2 disaster, sehingga kedepan nantinya Hephata tidak lagi membeli gas. Ini memang menjadi tempat pusat pelatihan peternakan organik, sebagai salah satu upaya kita untuk memelihara alam. Anak – anak Hephata bernama Anto, Anju, Lukman, Jona, Marzuki, Maruba, Ruslan, Julius, dan Manganju, yang didampingi Staff bernama Ranto Manalu dan Josua Purba. Merekalah yang bekerjasama untuk saat ini fokus ke peternakan. Kita memberikan peluang dan kesempatan untuk bekarya, walau tidak melihat tetapi bisa mencangkul, dan kemampuan lainnya. Ini juga menjadi tambahan icon pariwisata Tobasa, karena banyak yang terheran – heran dengan apa yang terjadi di tempat ini. Di samping kompleks ini ada Asrama Siloam yang dihuni oleh saudara/i keluarga Hephata yang sudah berkeluarga. Ada juga mimpi ke depan, ada rumah bahagia di Hephata, yang juga bisa dijadikan kompleks dengan beberapa lembaga yang bisa dikondisikan ke depan.

Pdt. Pansur Sijabat yang berdiri bersama dengan rombongan, mengatakan HKBP Sulawesi Selatan memberikan bantuan ke Hephata sebesar Rp. 100.000.000,- dalam rangka tahun pelayanana diakonia sosial 2019, dan ini menjadi ajakan bagi seluruh jemaat HKBP untuk bersama – sama memberikan bantuan mendukung pelayanan diakonia sosial. Ini berdasarkan program jemaat dan distrik sesuai arahan dari Praeses Pdt. Pahala Sitorus dalam program Distrik IBT.



Kemudian acara ini dilanjut dengan peletakan batu pertama yang diawali oleh Ompu i Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing dilanjut dengan donatur/penyumbang, dan para undangan yang turut hadir. Sebelumnya, donatur/penyumbang dari HKBP Makassar berkoordinasi kepada Ompu i Ephorus HKBP beberapa minggu lalu, menyampaikan harapannya agar bisa bersama dengan Ompu i Ephorus HKBP dan rombongan untuk berkunjung ke Hephata dalam rangka menyampaikan bantuan dan dukungan pembangunan, dan Ompu i Ephorus mengapresiasi bantuan tersebut. Acara berjalan dengan baik dan sukacita. (APS)




























  • Sheena

    Wow! This blog looks exactly like my old one! It's on a completely different topic but it has pretty much the same layout and design. Outstanding choice of colors! I’ll immediately grab your rss as I can’t find your e-mail subscription hyperlink or e-newsletter service. Do you have any? Kindly allow me understand so that I could subscribe. Thanks. It’s the best time to make a few plans for the future and it’s time to be happy. I’ve read this publish and if I may I want to counsel you few attention-grabbing issues or suggestions. Maybe you can write subsequent articles regarding this article. I wish to learn even more issues about it! http://goodreads.com/

  • Faith

    This comment has been deleted by author.

  • Oliva

    This comment has been deleted by author.

  • Nạp gas điều hòa tại Nam Từ Liêm

    This comment has been deleted by author.

  • lescliniquesmaroisurologue

    This comment has been deleted by author.

  • cavm-ombc

    This comment has been deleted by author.

  • Lorna

    This comment has been deleted by author.

  • Florence

    This comment has been deleted by author.

  • Adelaide

    This comment has been deleted by author.

  • Philipp

    This comment has been deleted by author.

  • cách sửa máy giặt electrolux

    ĐiỀU này thực hiện tăng nguy cơ lỗi mạch của sản phẩm giặt. https://lienquansuamaygiatelectrolux.blogspot.com/2020/03/lien-quan-bao-hanh-may-giat-electrolux.html

  • Kandis

    What і ԁo not understood is in fɑct how yoս'rе now not аctually а ⅼot more well-liкed than you might bе now. Уoᥙ are so intelligent. You understand tһus considerably wһen іt comeѕ to tһіs matter, madе mе іn my opinion imagine іt frօm numerous varіous angles. Itѕ like men and women ɗon't ѕeem to be іnterested еxcept it's one thіng to accomplish ԝith Woman gaga! Ⲩoᥙr own stuffs nice. Αll the timе handle іt uρ! Wouⅼd You Ꮪtop by my web blog :: Judi Slot

Pustaka Digital