"Alai borngin i diida si Paulus di bagasan tondina ma Tuhan i na mandok tu ibana: Unang ma ho mabiar; hatahon ma, unang ma ho mauhom!

Pada suatu malam berfirmanlah Tuhan kepada Paulus di dalam suatu penglihatan: "Jangan takut! Teruslah memberitakan firman dan jangan diam!"

Ulaon ni Apostel 18:9

HKBP Distrik VII Samosir Kembali Respon Kasus “Viral” ODGJ

Praeses HKBP Distrik VII Samosir, Pdt. Rein Justin Gultom, STh, MA didampingi Istri inang Frida br. Simarmata, bersama pendeta Ressort Simarmata, Pdt. Prapti Sihombing, STh melakukan kunjungan pastoral ke Gereja HKBP Pos Pelayanan Pardamean Sihusapi, Kecamatan Simanindo, Ressort Simarmata, Minggu (27/2/2022).


Kunjungan Praeses HKBP Distrik VII beserta rombongan ke Gereja HKBP Pos Pelayanan Sihupi karena adanya berita viral di tengah-tengah masyarakat November 2021 lalu, satu warga jemaat Gereja HKBP Pos Pardamean terindikasi ODGJ (Orang dengan Gangguan Jiwa), yang dengan sadis membunuh Ayah kandungnya St. Situmorang salah seorang Sintua di Gereja HKBP Pos Pardamean Sihusapi Dolok, Ressort Simarmata. Semantara istri korban br. Simarmata mengalami luka-luka akibat terkena pukulan pada peristiwa tersebut.



Menanggapi peristiwa itu, setelah dibahas di sinode Distrik dan beberapa kali melakukan pastoral counseling bersama pendeta Ressort Simarmata, Pdt. Prapti Sihombing, kali ini kunjungan bersama Praeses Distrik VII Samosir, Pdt. Rein Justin Gultom menyemangati keluarga dan meneguhkan jiwa dan imannya dengan menyematkan ulos kepada istri korban meninggal br. Simarmata dan memberi dukungan sejumlah dana sebagai wujud doa dan dukungan moril kepada keluarga.



Gambaran umum keadaan warga Gereja HKBP Pos Pardamean Sihusapi Dolok keadaan infrastrukturnya sulit diakses yang berdampak kepada perekonomian sehingga pelayanan kerohanian menjadi terkendala menjadi salah satu pemicu terjadinya peristiwa yang tidak diinginkan ini.


Secara rinci, Gereja Pos Pardamean ini terdiri dari 23 kk dan 70 jiwa, di mana mayoritas warga bekerja sebagai petani aneka jenis tanaman seperti, jagung, kopi dan jahe. Sementara, beberapa warga beternak ayam kampung dan lele. 



Sulitnya akses ke kawasan HKBP Pos Pardamean Sihusapi Dolok, Ressort Simarmata bisa dihitung dengan jarak tempuh, sekitar 3 jam dari jalan besar, Huta Sidaji. Infrastruktur yang masih minim, sempat menghentikan perjalanan Praeses Distrik beserta rombongan menuju lokasi, rusaknya jalan penuh lubang berlumpur sepanjang jalan, menjadi tanda Infrasturktur yang tidak memadai dan kemudian mempersulit akses ekonomi warga dan akses ke lokasi gereja.


Itu sebabnya, saat Ibadah Minggu, 27 Februari 2022, Praeses Distrik VII Samosir, Pdt. Rein Justin Gultom bersama pendeta HKBP Ressort Simarmata Pdt Prapty Sihombing, mangebati huria ini bersama-sama berdoa untuk keteguhan Iman jemaat di HKBP Pos Pardamean Ressort Simarmata, kemudian setelah ibadah kembali dilakukan analisis SWOT untuk mengetahui dampak persoalan yang dihadapi ruas HKBP Pos Pardamean, Ressort Simarmata. Serta memberikan tawaran-tawaran untuk mengembangkan usaha potensial untuk dikerjakan bersama, dalam pengembangan income keluarga.



Sebagai tindak lanjut kegiatan ini, telah dibentuk komunitas internal HKBP Pos Pardamean Sihusapi Dolok, dan akan tetap bekerjasama dengan HKBP Distrik VII Samosir, kemudian Pemerintah setempat beserta Organisasi Sosial Simata Raja akan membahas upaya-upaya yang perlu untuk dilakukan, demi suka cita di tempat pelayanan ini ke depannya. (Yohansen/P. Sam – B’TIK)