"Tarehon hamu ma pinggolmuna, jala ro ma hamu tu Ahu! Tangihon hamu ma, asa mangolu tondimuna i! Jadi bahenonHu ma tu hamu padan salelenglelengna: I ma padan parasian na sintong i tu si David na so tupa muba.

Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud."

Jesaya 55 : 3

HKBP Serahkan Bingkisan Idul Fitri ke Mesjid Raya Tarutung


Pimpinan HKBP, yang diwakili Sekretaris Jenderal, Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST dan Kepala Departemen Diakonia, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th datang mengunjungi Mesjid Raya Tarutung, Tapanuli Utara (12/5/2021). Kunjungan pimpinan HKBP disambut hangat pengurus mesjid H. Anwar Hutabarat dan pengurus lainnya. 

Di awal percakapan, Sekretaris Jenderal memberitahukan maksud kedatangan Pimpinan HKBP yaitu membangun silahturahmi dan persaudaraan antar umat beragama di kota Tarutung.

Saat penyerahan bingkisan Idul Fitri, Kadep Diakonia menyampaikan salam Ephorus, Kepala Departemen Koinonia dan Kepala Departemen Marturia tidak dapat hadir karena ada rapat. Pimpinan HKBP menyatakan kepedulian sosial HKBP, senang dan bersukacita dapat berbagi dengan sesama, secara khusus kepada umat Islam yang esok hari merayakan Idul Fitri. Pdt. Debora juga berharap dan mengajak semua umat berdoa agar pandemi Covid-19 ini cepat berakhir. 


Sekjen melanjutkan dengan menyampaikan "Kami sangat bersukacita jika bapak ibu dan saudara umat muslim dapat memenangkan masa puasa ini, di esok hari telah sampai pada idul fitri, yang diawali sholat iid. Pemberian ini sebagai ungkapan selamat kami kepada bapak, ibu dan saudara sekalian. Seperti yang diberitahukan Pengurus Mesjid bahwa ada 97 orang penerima Zakat. HKBP menyerahkan 100 paket bingkisan, bukan karena HKBP punya banyak uang, tetapi memberi dari keterbatasannya sebagai bagian dari panggilan untuk mengasihi sesama dan ikut bersukacita dengan saudara-saudari umat Islam. Sebagai orang Kristen, saya bangga menjadi orang Indonesia karena hidup di tengah-tengah saudara kami umat muslim. Jika kerjasama ini diteruskan, Indonesia menjadi bangsa yang tangguh dan disegani dunia ini. Saya juga mempelajari Islam. Islam mengajarkan damai, Kristen mengajarkan kasih. Itu sebabnya, kami senang dapat hidup berdampingan dengan umat Islam terbesar di dunia."

Secara singkat, Pdt. Victor menceritakan pengalamannya selama di STT HKBP Pematangsiantar. 4 keluarga yang beragama muslim menjadi pegawai STT HKBP. Mereka semua baik dan taat. Setiap tahunnya, seluruh keluarga STT HKBP berbuka bersama dengan mereka. Artinya, melalui mereka, bahwa umat muslim telah ikut mempersiapkan para pendeta HKBP.


Pengurus mesjid sangat berterimakasih atas kehadiran pimpinan HKBP dan ucapan selamat yang diberikan kepada umat Islam di Tarutung. Berharap jalinan kerjasama dapat dilanjutkan pada hari yang akan datang. H. Anwar juga menitipkan salam kepada Ephorus melalui Sekjen dan Kadep Diakonia.

Secara simbolis, Sekjen dan Kadep Diakonia menyerahkan 100 paket bingkisan Idul Fitri yang diterima 3 orang ibu. Bingkisan Idul Filtri yang diberikan terdiri dari 100 karung beras berisi 10 Kg, 100 bungkus gula berukuran 1 Kg dan 100 bungkus minyak goreng berukuran 1Kg . (B-TIK)