"Tarehon hamu ma pinggolmuna, jala ro ma hamu tu Ahu! Tangihon hamu ma, asa mangolu tondimuna i! Jadi bahenonHu ma tu hamu padan salelenglelengna: I ma padan parasian na sintong i tu si David na so tupa muba.

Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud."

Jesaya 55 : 3

Ibadah Natal HKBP Tarutung Kota Resort Tarutung Kota

Tarutung, hkbp.or.id - HKBP Tarutung Kota Resort Tarutung Kota- Tarutung mengadakan Ibadah Natal (25/12/2021).


Ibadah dilayani oleh Gr. Horas Tampubolon sebagai Liturgis serta Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan sebagai Pengkhotbah. Ayat khotbah berdasar kepada teks Lukas 2: 1-7, sesuai Almanak HKBP.

Dalam khotbahnya, Pdt. Tinambunan menjelaskan, "Pada masa Kaisar Agustus, kekaisaran Romawi berada pada puncak kejayaan. Kekaisaran ini berjaya melebihi masa kekaisaran sebelumnya. Salah satu gelaran besar yang pernah dilangsungkan ialah sensus penduduk."

Lebih lanjut, Pdt. Tinambunan menjelaskan, "Sensus tersebut ditujukan untuk mendata secara jelas kependudukan rakyatnya juga perihal pajak yang wajib dibayar oleh rakyat."

Kisah tentang sensus tersebut menyingkap fakta tentang kerajaan yang memperdayakan/memanfaatkan rakyat untuk mengembangkan kerajaan, manusia lain mengorbankan orang lain untuk kepentingan diri sendiri. 


Allah hadir ke dalam dunia memberi karunia damai sejahtera kepada manusia secara gratis. Bahkan Ia sendiri rela mengorbankan diri-Nya bagi umat yang dikasihi-Nya. 

Terkadang dalam momen Natal, malahan banyak persoalan timbul. Banyaknya pengeluaran; padatnya kegiatan/acara Natal kerap mengakibatkan penatnya pikiran, menyebabkan kemacetan, bahkan menjadi ajang "anggar jago" (pamer).

"Meskipun perhatian terbagi dengan segala kesibukan tersebut, kiranya tidak mengurangi sukacita kita dalam momen merayakan kasih penyertaan Allah, yang telah diberikan gratis kepada kita umat-Nya," ujar Pdt. Tinambunan. 

Ibadah Natal berlangsung dengan khusuk. Jemaat pun dengan tertib mengikuti aturan sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan. 


Usai ibadah, Pdt. Tinambunan bersama dengan Pdt. R. H. Lumban Gaol selaku Pendeta Resort, Amang Gr. H. Tampubolon, Amang CPdt. J. Lumbantobing, dan seluruh Parhalado HKBP Ressort berbaris di depan dan bersalaman (salam sehat) dengan jemaat yang hadir. Hingga jemaat meninggalkan ruangan ibadah, semua berlangsung dengan kondusif.

SKS-JHB/NS


Pustaka Digital