Jemaat HKBP Sibanbanon Syukuri Ibadah Malam Sukacita Ulang Tahun Gereja yang ke-100

Sukacita besar disyukuri oleh seluruh warga jemaat dan anak rantau HKBP Sibanbanon Resort Rambe Distrik III Humbang pada Malam Sukacita Ulang Tahun Gereja ke-100, Rabu (6/7/2022) di Desa Karya Sibanbanon, Pakkat, Doloksanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan.


Acara dimulai pukul 20.00 WIB dipimpin langsung oleh Pendeta HKBP Resort Rambe, Pdt Okuli Sitohang STh sebagai pelayan liturgis dan Praeses Pdt Daminna Lumbansiantar STh sebagai pelayan firman. Seusai ibadah di dalam gedung gereja, berpindah tempat ke halaman gereja yang sudah didekorasi khusus untuk perayaan ulang tahun gereja ke-100. Hadir ratusan warga jemaat dan anak rantau gereja HKBP Sibanbanon yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia.

Acara ramah tamah dipandu Pdt Okuli Sitohang dan Pdt Toho Sinaga STh MKom (Kepala Biro Sekolah Minggu, Remaja dan Naposobulung) yang datang dari Kantor Pusat HKBP.

Dalam kata sambutannya, Ketua Umum Panitia, Marsekal TNI (Purn.) Raja Humuntal Manalu, yang turut datang dari perantauan bersama dengan Inang Boru Siagian dan keluarga, mengatakan acara perayaan ini adalah peristiwa rohani yang bersejarah, yaitu mengingat pemberitaan firman Tuhan di Desa Karya Sibanbanon yang ke-100. Ia meyakini bersama dengan warga jemaat dan seluruh anak rantau yang berpartisipasi dalam perayaan ini bahwa penyertaan dan berkat Tuhan begitu besar kepada mereka.

Bupati Humbahas yang diwakili Kadis PUPR Mangoloi Tua Purba menyampaikan harapan bupati supaya jemaat yang mengingat 100 tahun ulang tahun gereja semakin bersyukur kepada Tuhan dan dewasa di dalam iman. Sebagai tamu undangan, Sabam Parulian Manalu SE MAP PhD dalam kata sambutannya mengajak warga jemaat dan anak rantau untuk bersyukur atas penyertaan Tuhan. 

Desa Karya Sibanbanon mayoritas dihuni oleh Marga Manalu. Ia bersyukur dapat berjumpa dengan warga masyarakat di situ. “Saya telah banyak bertemu dengan anak rantau Marga Manalu yang berasal dari Desa Karya Sibanbanon di perantauan,” ujar Ketua Persatuan Toga Manalu Boru Bere (PTMBB), yang juga Ketua Pertina Sumut itu. Ia hadir bersama dengan Inang Romauli Boru Sitompul dan rombongan. Salah satunya, Dr Osman Manalu, anak rantau HKBP Resort Tukka, huria tetangga HKBP Sibanbanon.

Praeses Pdt Daminna bersama dengan Pendeta resort dan ketua panitia memberikan ulos kepada Sabam Manalu dan Inang boru Sitompul. Selain itu, panitia juga mendaftar anak-anak jemaat yang berprestasi untuk mendapatkan penghargaan dan motivasi bagi mereka menapaki masa depannya. Sekretaris Bendahara Panitia Husor Manalu bersama dengan tim di sudut kiri panggung mempersiapkan segala keperluan selama acara ramah tamah.

Turut hadir juga pada Ibadah Malam Sukacita tersebut Pendeta Anak ni Huria, yaitu Pdt Marudut Manalu, MMin dan Pdt Daniel Libertson Manalu, MSi. Ramah tamah ini dimeriahkan oleh Romantis Trio dengan lagu-lagu pilihannya. // DM