Jubileum adalah Solidaritas kepada Seluruh Ciptaan

TEBING TINGGI, hkbp.or.id - Huria Kristen Batak Protestan melangkah bersama dengan Gereja di seluruh dunia dalam menyuarakan tema Season of Creation yaitu "biarlah keadilan seperti sungai yang mengalir" yang diambil dari Amos 5:24.

Umat Kristen di seluruh dunia merayakan Season of Creation mulai dari tanggal 1 September - 4 Oktober 2023 untuk memperjuangkan keadilan bagi seluruh ciptaan.

Sembari merayakan Season of Creation, HKBP Tebing Tinggi merayakan Jubileum 100 tahun yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan (24/9/2023).

Ibadah Jubileum HKBP Tebing Tinggi yang dirangkai dengan Season of Creation dilayani oleh Praeses HKBP Tebing Tinggi Deli, Pdt. Sikpan Sihombing sebagai Liturgis dan Pdt. Victor Tinambunan sebagai Pengkhotbah beserta tim musik pianika dari Sekolah Minggu HKBP Tebing Tinggi.

Dalam khotbahnya, Pdt. Tinambunan menjelaskan tentang teladan hidup seorang Nuh yang menjadi pelajaran berharga bagi umat manusia.

Nuh selalu melakukan apapun yang diperintahkan Allah, meskipun banyak tantangan. Meskipun demikian ada hal yang tidak diperintahkan Allah namun dilakukan oleh Nuh yaitu mendirikan mezbah dan mempersembahkan korban bakaran, seperti di ayat 20.

"Yang dilakukan Nuh menjadi khotbah yang hidup bagi kita yaitu melakukan apa yang diperintahkan Allah apapun tantangannya dan mempersembahkan yang terbaik kepada Allah karena anugerah yang telah diterima dalam hidupnya," terang Pdt. Tinambunan.

Jubileum 100 tahun HKBP Tebing Tinggi dirayakan selama 3 hari berturut mulai hari Jumat-Minggu (22-24 September 2023). Dalam perayaan Jubileum 100 tahun ini, Pdt. Bikwai Simanjuntak selaku Pendeta Resort HKBP Tebing Tinggi berdoa kiranya Tuhan menumbuhkan kesadaran kepada warga jemaat HKBP Tebing Tinggi untuk menjaga dan merawat lingkungan hidup.

Mengakhiri khotbahnya, Pdt. Tinambunan menegaskan bahwa salah satu tugas dan tanggung jawab utama kita sebagai warga jemaat gereja adalah solidaritas terhadap seluruh ciptaan dengan menjaga dan merawat lingkungan hidup di sekitar kita karena itulah yang diperintahkan oleh Tuhan untuk kita lakukan.

Setelah ibadah, kegiatan dilanjutkan dengan perayaan jubileum di halaman gereja HKBP Tebing Tinggi.

(SKS-NS)

Pustaka Digital