Kadep Diakonia HKBP: Nyatakan bahwa Allah adalah Hakim di dalam Mazmurmu!

Solo, 07 Agustus 2022

HKBP Solo Resort Solo menerima kunjungan gerejani dari Kepala Departemen Diakonia HKBP, Ibu Pdt. Debora Sinaga, MTh. Dalam kunjungan gerejani ini, Ibu Kadep Diakonia berperan sebagai pewarta firman dalam ibadah Minggu pagi dan Ibadah Minggu Siang. Beliau didampingi oleh Pdt. HKBP Res. Solo, Bapak Pdt. Agus Sidauruk, sebagai liturgis.


Dalam khotbah yang berangkat dari Mazmur 50:1-6, Ibu Kadep Diakonia menyatakan hidup orang Kristen khususnya jemaat HKBP adalah jemaat yang hidup dan bermazmur dalam segala kondisi kehidupan yang dijalaninya. Bermazmur menjadi satu dari beragam cara yang dapat dipakukan oleh orang percaya mempersaksikan imannya akan Allah. Dan itulah yang dilakukan oleh pemazmur Daud yang dengan mazmurnya mempersaksikan imannya akan Allah, bahwa Allah yang diimaninya adalah hakim yang adil.

Hakim yang adil adalah hakim yang tidak bersifat subyektif. Dia tidak bisa disuap. Dia akan mengumpulkan orang-orang benar yang membutuhkan pembenaran dan menghukum, atau menindak mereka yang melakukan kejahatan.


"Hakim yang adil ini begitu langka kita jumpai di tengah-tengah dunia, sehingga tidak sedikit hukum yang dibelokkan demi kepentingan mereka yang membayar, kepentingan penguasa dan kepentingan pengusaha," Ibu Kadep menambahkan. Tapi itu tidak berlaku bagi Allah ketika Allah telah mengambil alih pengadilan tersebut karena Dia adalah hakim yang adil.

Pelayanan pewartaan firman ini merupakan rangkaian lanjutan dari pelayanan Ibu Kadep Diakonia HKBP setelah pembekalan majelis jemaat HKBP Res. Solo dan Res. Yogyakarta yang dilakukan kemarin. Dalam ibadah siang, ibadah diwarnai dengan nuansa kental budaya Batak dimana ibadah tidak hanya diiringi oleh organ semata tetapi juga tagading.

HKBP menjadi berkat bagi dunia