Kantor Pusat HKBP Menggelar Workshop Tentang Kecerdasan Buatan Artificial Intelligence (AI)

Fenomena kecerdasan buatan Artificial Intelligence (AI) yang berkembang massif saat ini yang telah memasuki sendi-sendi kehidupan warga masyarakat, menjadi perhatian serius bagi gereja HKBP. Menyikapi fenomena itu, Kantor Pusat Huria Kristen Batak Protestan melalui Biro TIK menyelenggarakan Workshop selama dua hari di Gedung Raja Pontas Kantor Pusat HKBP Pearaja Tarutung, Selasa-Rabu (11-12/7/2023).



Untuk mendapatkan informasi pasti tentang fenomena kecerdasan buatan Artificial Intelligence (AI), Biro TIK menghadirkan narasumber ahli di bidang AI Dosen IT DEL Rosni Lumbantoruan, Ph,d membawakan topik Artificial Intelegence dan Keagamaan Manusia dan Design Pelayanan Gereja Berbasis Artificial Intelligence, Dr. Arnaldo Sinaga Pengimplementasian Artificial Intelligence dalam Pelayanan Gereja.



Workshop juga mengundang tiga narasumber untuk menggarami Workshop ahli dibidang teologi Dosen STT HKBP Pdt. Dr. Jhon Kristo Naibaho,Peluang dan Ancaman Artificial Intelligence Bagi Umat Kristen, Pdt. Dr. Sukanto Limbong Posisi Artificial Intelligence dalam Teologi, Ajaran dan Pelayanan HKBP dan Pdt. Dr. Jordan Pakpahan Dekat Pada Allah Melalui Artificial Intelligence.



Diawali dengan ibadah pembukaan yang dipimpin Ka. Biro TIK Pdt. Fortunate Siagian menyampaikan renungan, dan Workshop resmi dibuka Sekretaris Jenderal HKBP yang diwakilkan Ka. Biro TIK Pdt. Fortunate Siagian. 


Pdt. Fortunate Siagian mengatakan, bahwa tujuan dari Workshop dibuat supaya peserta memahami posisi Artificial Intelligence dalam Tri Tugas Panggilan Gereja sehingga peserta dapat memanfaatkan Artificial Intelligence dalam pelayanan secara efektif dan mampu membuat design dan memetakan pelayanan berbasis Artificial Intelligence.


Juga Diharapkan melalui Workshop dapat menghasilkan poin-poin penting tentang AI dan disampaikan kepada Komisi Liturgi HKBP untuk dibicarakan di Rapat Pendeta yang akan digelar Oktober yang akan datang.


Peserta Worshop terdiri dari Staf yang melayani di Kantor Pusat, utusan dari Lembaga HKBP dan utusan 22 Distrik yang ada di HKBP. (P, Sam – B’TIK)

Pustaka Digital