"Minggu IX Dung Trinitatis
Topik: POLIN MANGIHUTHON JESUS (MENGIKUT YESUS SECARA TOTAL)"

Ev: Lukas 12:49-53/Ep: Psalmen 82:1-8

Kasih Allah Itu Kekal Bagi Setiap Ciptaan-Nya

Kepala Departemen Diakonia HKBP, Ibu Pdt. Debora Sinaga, MTh melakukan kunjungan gerejani ke gereja HKBP Maduma Resort Agape Pangkalan Kerinci. Lawatan ke HKBP Maduma ini sendiri merupakan bagian dari perjalanan panjang para pimpinan HKBP memeriahkan peringatan 50 tahun pekabaran injil di Pulau Rupat.

Dalam kunjungan gerejani itu, Ibu Kepala Departemen Diakonia HKBP didapuk sebagai pewarta firman. Bapak Pdt. Juniarman Butarbutar mendamping beliau sebagai liturgis, dan Bapak Pdt. Jans P. Siagian berperan sebagai pendoa syafaat.


Dalam pewartaan firman yang berangkat dari Mazmur 36:6-11, Ibu Pdt. Debora Sinaga menyatakan pentingnya bagi setiap ciptaan untuk memelihara koneksi dengan Allah. Karena tanpa koneksi itu, seluruh ciptaan, khususnya manusia akan "mati" sekalipun mereka hidup. Mereka akan menjadi mayat yang hidup di tengah dunia. Terhubung dengan Allah akan membuat manusia menyadari betapa besarnya kasih Allah bagi umat-Nya, khususnya jemaat HKBP Maduma. Kasih Allah yang kekal itulah yang mengantarkan kita memasuki tahun 2022 dan kasih itu jugalah yang diwujudnyatakan dalam Yesus Kristus untuk memberikan kita hidup kekal.


Selepas ibadah Minggu, Ibu Kepala Departemen HKBP memperkenalkan kepada jemaat HKBP Maduma salah satu unit dalam tubuh Departemen Diakonia, yakni HKBP Aids Ministry. Tidak hanya itu, HAM yang dipimpin oleh Diak. Berlina Sibagariang diberi kesempatan memberikan edukasi kepada jemaat mengenai Aids. Hal ini dimaksudkan agar jemaat memiliki pemahaman dan empati yang lebih luas terhadap mereka yang terindikasi HIV/AIDS.


Pada kesempatan hari ini juga, Bpk. Pdt. Juniarman Butarbutar mendapuk Ibu Kadep untuk me-launching Tahun Kesehatian 2022 di HKBP Maduma.

HKBP menjadi berkat


Pustaka Digital