"Tarehon hamu ma pinggolmuna, jala ro ma hamu tu Ahu! Tangihon hamu ma, asa mangolu tondimuna i! Jadi bahenonHu ma tu hamu padan salelenglelengna: I ma padan parasian na sintong i tu si David na so tupa muba.

Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud."

Jesaya 55 : 3

Kaum Bapak HKBP Regional II Ikuti Seminar Sehari

HKBP memiliki visi menjadi berkat bagi dunia. Untuk mewujudkan visi tersebut, HKBP senantiasa terus memperbaharui dirinya dengan melakukan pemberdayaan-pemberdayaan bagi seluruh warga dan pelayannya.

Hari ini, Jumat (1/10/2021), kaum bapak (ama) HKBP Regional II, terdiri 10 Distrik mengikuti seminar ama sehari di Gedung Kedokteran, Auditorium dan Chapel Universitas HKBP Nommensen. Semua pimpinan HKBP hadir dalam kegiatan ini. Ompu i Ephorus, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar, Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, dan Kepala Departemen Diakonia, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th hadir secara onsite. Sedangkan Sekretaris Jenderal, Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST hadir dan memberi sambutannya secara virtual.


Ephorus, sekaligus sebagai keynote speaker memotivasi, menyemangati lima ratusan kaum bapak yang hadir onsite dan virtual. Belakangan ini telah terjadi penurunan atau degradasi peran kaum bapak di tengah-tengah gereja, masyarakat, khususnya dalam keluarga.


 "Seminar ini bukan hanya suatu kegiatan seremonial semata melainkan sebagai evaluasi diri yang terus dilakukan dan mampu mempertanggungjawabkan secara moral panggilan sebagai bapak terhadap sesama dan iman kepada Tuhan Yesus Kristus," terang Ephorus.


Kaum bapak perlu menyadari perannya yang sangat besar untuk membawa perubahan keluarga ke arah yang lebih baik dan mampu menopang anak-anak dalam menggapai masa depannya yang cerah. Ephorus menekankan empat peran transformatif kaum bapak dalam keluarga dan gereja yaitu "imam yang transformatif, pengajar transformatif, pengayom transformatif dan pemimpin transformatif." 

Kegiatan seminar ama berjalan baik di bawah koordinasi, Ketua Umum, Kombes Pol. (Purn.), Dr. Maruli Siahaan, SH, MH yang cukup berpengalaman mengorganisir banyak kegiatan besar. "Kerinduan HKBP agar jemaat, kaum bapak menyadari tanggungjawabnya sebagai imam, pemimpin dan pengajar di tengah keluarga sehinggga terwujud ama na marsahala (bapak yang berwibawa, berkarisma) dan menjadi teladan bagi semua anggota keluarga di era digital," jelas Maruli Siahaan.


Antusiasnya peserta mengikuti kegiatan seminar tidak terlepas dari peran para praeses 10 Distrik dan pendeta Resort di Regional II, yaitu HKBP Distrik V, Sumatera Timur, X Medan Aceh, XII Tanah Alas, XIII Asahan Labuhan Batu, XIV Tebing Tinggi Deli, XXIII Binjai Langkat, XXIV Tanah Jawa, XXVI Labuhan Batu, XXIX Deli Serdang dan XXXI Medan Utara. (B-TIK)




Pustaka Digital