Kecil Tapi Berdampak Besar!

P. Siantar, 23 Juli 2023

"Kecil-kecil cabe rawit," demikianlah Ibu Kepala Departemen Diakonia HKBP, Ibu Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th dalam khotbahnya di Panti Asuhan Elim, P. Siantar. Beliau didampingi oleh Bpk. Pdt. Nevri Pasaribu, yang berperan sebagai liturgis.

Idiom ini menunjukkan ukuran tidak menjadi satu-satunya faktor yang menentukan sesuatu hal. Ukuran kecil tidak menjadi garansi bahwa sesuatu yang kecil tidak dapat memberikan dampak dalam kehidupan masyarakat. Cabe rawit, kecil namun memberikan banyak manfaat bagi kehidupan mahkluk hidup khususnya manusia. Seperti cabe, kecil namun berdampak demikian juga biji sesawi dan ragi yang kecil namun berdampak besar dalam perkembangan kehidupan keduanya.


"Biji sesawi bertumbuh jadi pohon besar dan melindungi burung-burung. Ragi yang menentukan rasa roti dan kembang atau bantatnya adonan roti.

Besarnya dampak biji sesawi dan ragi itulah yang hendak disuarakan Yesus ketika Yesus menggunakan keduanya dalam perumpamaanNya.

Sekalipun kecil, keduanya memberikan dampak besar. Dan itu jugalah yang diharapkan dari keberadaan anak-anak tepat di Hari Anak Nasional di hari ini. Anak-anak memang masih kecil namun ketika anak-anak terlindungi masa depan Indonesia akan lebih cerah," seru Ibu Kadep dalam melanjutkan khotbahnya.





HKBP Gedung Johor, Medan turut meramaikan acara ibadah dan perayaan hari anak nasional di PA Elim bersama dengan Bpk. Pdt. Doli Gultom, Pdt. HKBP Ress. Gedung Johor, Medan. Mereka juga meramaikan dengan koor dan memberikan buah tangan kepada anak-anak Panti Asuhan Elim.

HKBP menjadi berkat bagi dunia


Pustaka Digital