"Tarehon hamu ma pinggolmuna, jala ro ma hamu tu Ahu! Tangihon hamu ma, asa mangolu tondimuna i! Jadi bahenonHu ma tu hamu padan salelenglelengna: I ma padan parasian na sintong i tu si David na so tupa muba.

Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud."

Jesaya 55 : 3

Konsultasi Nasional Pelayanan HKBP Kepada Difabel 2021


Pearaja - Jumat (16/4/21), Memasuki hari Kedua sekaligus hari terakhir Konsultasi Nasional (Konas) Pelayanan HKBP kepada Difabel, dua orang pembicara memperkaya peserta. Melalui dua orang tersebut, peserta semakin memahami tentang pentingnya legalitas pelayanan kepada difabel yang telah diakreditasi melalui materi yang disampaikan oleh Melda Rumia Rosmery Simorangkir, M.Pd., dosen di Universitas Kristen Indonesia, Jakarta Timur. 



Materi juga disampaikan oleh Pdt. Dr. Deonal Sinaga, Kepala Departemen Koinonia HKBP melalui sharing pengalaman Pelayanan Diakonia kepada difabel di Bethel, Jerman. Diperkenalkan oleh tokoh Diakonia Jerman bernama Friederich, Pdt. Deonal mengatakan bahwa tidak ada satu pun di dunia ini yang tidak dikasihi oleh Tuhan. Oleh karena itu, lewat pelayanannya, Pdt. Deonal mengatakan bahwa Bethel menjadi tempat terbuka secara umum di mana kegiatan-kegiatan yang ada di sana membuat harkat martabat kaum difabel tinggi atau dalam kata lain Pdt. Deonal menyebut mereka memanusiakan manusia. 

Dalam acara Konas ini, beberapa peserta dan panitia hadir secara on site di gedung Raja Pontas Lumbantobing, di antaranya ialah Kepala Departemen Diakonia HKBP, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th., Praeses Distrik IX Tapteng-Nias, Pdt. Donda Simanjuntak, S.Th., Praeses Distrik XI Toba Hasundutan, Pdt. Same Siahaan, S.Th., Praeses Distrik XIV Tebing Tinggi Deli, Pdt. Sikpan Sihombing, M.Th., M.Pd., Praeses Distrik XVI Humbang Habinsaran, Pdt. Darna Lumbantobing, S.Th. Pimpinan Yayasan Pendidikan Tunanetra Sumatera (Yapentra), Pdt. Jabes Silaban beserta tim, Pendamping dan Anggota Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM) wilayah Tapanuli Raya dan Ketua Sekolah Tinggi Dikones (STD) HKBP, Diak. Dr. Eleven Sihotang beserta staf, Diak. Dr. Serepina Ditangani, MRE, Em. Direktur STD. 



Selain itu, sebelum acara berakhir dilangsungkan penyerahan persembahan acara Konas sebesar Rp.1.700.000,- kepada Dana Pensiun HKBP dan ditambahkan dengan dana sumbangan dari Unit Usaha Departemen Diakonia sebesar Rp.5.000.000,- sehingga total yang didonasikan kepada Dana Pensiun HKBP berjumlah Rp.6.700.000,-.


Acara Konsultasi Nasional yang telah berlangsung sejak Kamis (15/4/21) itu diakhiri oleh Kepala Departemen Diakonia, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th., dengan terlebih dahulu memberikan sertifikat kepada utusan peserta. Konas resmi ditutup dalam ibadah yang dipimpin oleh Pdt. Saut Nababan sebagai liturgis dan Pdt. Donda Simanjuntak sebagian pengkhotbah. 




Kiranya setiap hal yang telah direncanakan dalam Konsultasi Nasional 2021 ini dapat diaplikasikan untuk menjangkau jemaat dan masyarakat difabel secara lebih luas dan berdampak. (SKD_AL)













Pustaka Digital