Minggu ke III Setelah Ephipanias di HKBP Lumban Julu, Resort Sipahutar Selatan, Distrik II Silindung



Minggu, 21 Januari 2024, Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, melayankan khotbah pada kebaktian Minggu, ke-III Setelah Ephipanias di HKBP Lumban Julu, Resort Sipahutar Selatan, Distrik II Silindung. Kebaktian dimulai pukul 10.00 WIB, dihadiri sekitar 189 orang warga jemaat. Pdt. Riduan Simamora, S.Th., selaku pendeta resort melayani sebagai liturgis. Sebagai jemaat induk dari lima jemaat filial, HKBP Lumban Julu ini memiliki jumlah anggota jemaat sekitar 188 KK yang terbagi ke dalam 4 lingkungan. Terdapat 14 orang sintua (dua orang diantaranya adalah perempuan). HKBP Lumban Julu menjadi jemaat induk dari Resort Sipahutar Selatan sejak tahun 2012, yang mekar dari Resort Sipahutar. 


Hal yang istimewa dari jemaat ini adalah konsentrasi mereka selama kebaktian berlangsung. Tidak terdengar suara-suara berisik, atau tidak terlihat aktifitas orang-orang yang dapat mengalihkan konsentrasi. Selama kebaktian berlangsung terdapat lima paduan suara yang mengumandangkan lagu, Punguan Ina Kamis, Ina Gloria, Punguan Ama, Ina Lansia, dan Remaja-Naposobulung. 


Dalam khotbahnya Pdt. Deonal Sinaga menyampaikan, “Jadikanlah Allah yang pertama dan terutama di dalam kehidupanmu. Hal itulah yang dilakukan oleh pemazmur, dalam hal ini Daud dalam kehidupannya. Hanya Tuhan saja yang menjadi gunung batu baginya, tidak ada yang lain. Bukan harta, bukan jabatannya, tetapi hanya TUHAN saja.”



Setelah kebaktian usai, Parhalado menyematkan ulos kepada Keluarga Ka. Dep. Koinonia, lalu berfoto bersama, secara khusus dengan para Ibu-ibu punguan Ina. (DK-NXC)