"Tarehon hamu ma pinggolmuna, jala ro ma hamu tu Ahu! Tangihon hamu ma, asa mangolu tondimuna i! Jadi bahenonHu ma tu hamu padan salelenglelengna: I ma padan parasian na sintong i tu si David na so tupa muba.

Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud."

Jesaya 55 : 3

Pelayan Yang Berkarakter - Melayani Dengan Hati : Ceramah Kadep Koinonia HKBP Pdt Dr Deonal Sinaga di Pembinaan LPP II Gelombang II


How to be a Trusted Pastor? Menjadi pelayan yang berkarakter” adalah topik yang disampaikan Bapak Kepala Departemen Koinonia HKBP di hadapan peserta Latihan Persiapan Pelayanan (LPP) II di Auditorium HKBP, Seminarium-Sipoholon pada hari Rabu, 17 Februari 2021. Topik ini disampaikan pada sesi pukul 14.00 s.d. 16.00 WIB. Dalam durasi 60 menit Pdt. Deonal Sinaga mengutarakan sepuluh nilai kualitas diri yang perlu dihidupi untuk mencapai pelayan yang berkarakter, antara lain para pelayan harus  visioner, mempunyai integritas, memiliki sifat keramah-tamahan, dan  keterbukaan, berpikir positif, harus orang yang gemar bertanya, memiliki sikap compassionate (tekun dan peduli), harus terpercaya (trusted), harus  rendah hati, dan punya sikap berkeadilan. Pada sesi ini peserta LPP sangat antusias mengapresiasi, bertanya dan berpendapat terkait dengan topik yang disampaikan Pdt. Dr. Deonal Sinaga, baik peserta yang hadir dalam ruang zoom, maupun yang hadir di auditorium.

 

Pada sesi kedua pukul 16.15 s.d. 18.15 WIB, Pdt. Dr. Deonal Sinaga menyampaikan topik “Melayani dengan Hati: Marhobas sian nasa Roha.” Dalam sesi ini Kepala Departemen Koinonia HKBP menyampaikan nilai - nilai yang perlu dikembangkan agar dapat melayani dengan hati, antara lain: selalu melangkah dengan iman, mendorong agar para pelayan membiarkan Roh Tuhan bekerja, bersikap realistis, senantiasa berpengharapan, tangguh di dalam Tuhan, berdoa harus menjadi gaya hidup, bermurah hati demi pekerjaan Tuhan, hidup dalam rancangan Allah, dan selalu optimis berada dalam naungan kasih Tuhan, menjadi orang terpercaya, serta berani tampil out of the box.

 

Dari kedua sesi ceramah ini, beberapa peserta LPP yang berkesempatan untuk mengajukan pertanyaan, memberikan pendapat, dan mengapresiasi ceramah Kepala Departemen Koinonia, antara lain: cal. Pdt. Rinto Sihombing, Cal. Pdt. Benjamin Sibarani, Cal. Pdt. Jepri Simanullang, Cal. Pdt. Deviana Situmorang, dan Cal. Pdt. Irianto Sitorus. Atas apresiasi, pendapat, dan pertanyaan peserta tersebut, mereka masing-masing diganjar dengan sebuah buku karya tulis Pdt. Dr. Deonal Sinaga yang berjudul, “Perjumpaan Kreatif” dan Buku “Melayani dengan Hati”.

pada akhir sesi ceramah, semua peserta baik yang hadir di ruang zoom maupun yang hadir di auditorium berfoto bersama Kepala Departemen Koinonia HKBP dengan menerapkan protocol kesehatan. (KDK-NXC).



Pustaka Digital