"Tarehon hamu ma pinggolmuna, jala ro ma hamu tu Ahu! Tangihon hamu ma, asa mangolu tondimuna i! Jadi bahenonHu ma tu hamu padan salelenglelengna: I ma padan parasian na sintong i tu si David na so tupa muba.

Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud."

Jesaya 55 : 3

Pembinaan Sadar Wisata dan Panen Bawang Merah


Menyadari berada di kawasan super prioritas  distinasi wisata Danau Toba, HKBP Girsang Ressort Parapat melakukan pembinaan pada hari Sabtu (29/5/2021) dengan mengundang Kabiro Pembinaan HKBP Pdt. Dr. Enig S Aritonang. Enig menjelaskan peluang dan tantangan sebagai kawasan wisata. Diyakinkan terjadi pertumbuhan ekonomi dan peluang kerja akibat parawisata. Namun harus diantisipasi bahwa masyarakat bisa termarginalisasi akibat ketidaksiapan. Selain itu nilai nilai kekristenan dan budaya dapat tergerus. 

Menghadapi tantangan dan peluang tersebut, berbagai upaya harus dilakukan seperti peningkatan spiritualitas dan karakter. Menjadi ramah, jujur dan bersih adalah bagian terpenting di area wisata. Peningkatan wawasan dan keterampilan juga sangat diharapkan untuk peningkatan kesejahteraan.

Parhalado dan pemuda yang mengikuti kegiatan pembinaan ini sepakat untuk membentuk Kelompok Kerja dan pilot project gereja. Pdt Melky Purba sebagai pimpinan jemaat siap untuk mendukung dan mendampingi tugas baru ini.


Setelah kegiatan pembinaan, dilakukan panen bawang merah yang dilakukan oleh Pdt Melky Purba di lahan gereja. Pertanian bawang ini menghasilkan panen yang baik sehingga ditiru oleh jemaat dan gereja di sekitarnya. (ESA)


Pustaka Digital