"Tarehon hamu ma pinggolmuna, jala ro ma hamu tu Ahu! Tangihon hamu ma, asa mangolu tondimuna i! Jadi bahenonHu ma tu hamu padan salelenglelengna: I ma padan parasian na sintong i tu si David na so tupa muba.

Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud."

Jesaya 55 : 3

Pembukaan Konsultasi Nasional XIV FK PKB PGI 2021

Konsultasi Nasional XIV Forum Komunikasi Pria Kaum Bapak Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (FK - PKB PGI) dihadiri peserta secara hybrid dari 44 Sinode gereja. 

Ketua Umum FK PKB PGI, Olly Dondokambey, SE, resmi membuka pertemuan tersebut di dalam ibadah pembukaan yang diselenggarakan di Gedung Raja Pontas Lumbantobing pada Selasa (2/2/2021). Ibadah dilayankan oleh Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga sebagai pengkotbah dan liturgis ialah Pdt. Susi Hutabarat, S.Th. Pada khotbahnya, Deonal Sinaga menerangkan kesiapan orang percaya menyambut kedatangan Yesus Kristus Kedua Kali, berdasarkan tema kegiatan, "Aku adalah yang awal dan akhir." (Wahyu 22: 13).



Ketua Umum Panitia, Drs. Nikson Nababan, M.Si, Bupati Tapanuli Utara menyebutkan panitia bekerja keras mempersiapkan pelaksanaan Konsultasi Nasional FK PKB PGI.


Beliau menjelaskan pemerintah Tapanuli Utara berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan melakukan berbagai penyuluhan di bidang pertanian, peningkatan UMKM, industri prawisata dan ekonomi kreatif. 


Dalam sambutannya, Ketua Umum PGI, Pdt. Gomar Gultom, M.Th menerangkan kota Tarutung sebagai tempat kelahirannya yang layak menjadi tempat pertemuan-pertemuan Nasional dan Internasional sebagaimana telah dilakukan oleh Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey.


Pimpinan HKBP turut menghadiri pembukaan Konsultasi Nasional itu di Gedung Raja Pontas Lumbantobing. Ompu i Ephorus HKBP Pdt. Dr. Robinson Butarbutar didampingi Sekretaris Jenderal, Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST, Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga dan Kepala Departemen Diakonia, Pdt. Debora Purada, M.Th. 

Pada sambutannya Ompu i Ephorus menyambut dengan bangga atas dipercayakannya HKBP sebagai tuan dan nyonya rumah pelaksanaan Konsultasi Nasional ini.


Di masa pandemi Covid-19, kekerasan terhadap perempuan dan anak di dalam keluarga "meroket" (meningkatkan dengan tajam) dan pelakunya adalah kaum bapak. Untuk itu HKBP di tahun pemberdayaan telah melakukan seminar sehari di 3 regional merekomendasikan setiap "Gereja harus serius memanggil, menguatkan dan mengutus kaum bapak untuk melakukan tugas imami transformatif lewat aneka cara yang sesuai dengan dasar-dasar dan nilai-nilai Kekristenan dan melayani di era digital." Hendaklah setiap Sinode bergegas untuk meningkatkan gairah kaum bapak untuk mengambil peran positifnya di dalam keluarga, gereja dan negara, tegas Ephorus



Setelah pembukaan sidang dilanjutkan mendengar ceramah dari pemateri yaitu, Menteri Hukum dan HAM RI - Prof. Yosonna H. SH, MSc, Ph.D, Ketua Umum PGI, Pdt. Gomar Gultom, M.Th, Dr. Batara Sihombing, Dosen STT Abdi Sabda Medan, dan Dirjen Bimas Kristen.

Sesuai jadwal yang disusun panitia, sidang kelompok dan sidang pleno akan dilaksanakan Rabu, 3 November 2021. (B-TIK)