"Ai gok di Ho do ale Jahowa hatimbulon dohot hagogoon dohot hamuliaon dohot hatongamon dohot pujipujian; gok di Ho tahe nang saluhut na di banua ginjang dohot na di tano on. Gok di Ho do ale Jahowa harajaon, jala dipatimbul Ho diriM di atas ni saluhut na marjujungan.

Ya TUHAN, punya-Mulah kebesaran dan kejayaan, kehormatan, kemasyhuran dan keagungan, ya, segala-galanya yang ada di langit dan di bumi! Ya TUHAN, punya-Mulah kerajaan dan Engkau yang tertinggi itu melebihi segala-galanya sebagai kepala."

1 Kronika 29 : 11

Perintis Pelayanan Diakones, Diak. Schwester Nuria Dumondom Gultom Meninggal Dunia


Pelayanan dan pendidikan Diakones di HKBP tidak diterima begitu saja, tetapi karena ada tokoh-tokoh yang  memperjuangkannya. Salah satu tokoh perintis pelayanan dan pendidikan Diakones bernama Diak. Schwester Nuria Dumondom Gultom, lahir  pada tanggal 17 Februari 1927.

Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar cukup mengenal gerakan  dan pelayanan Diak. Nuria di gereja HKBP yang boleh disebut sebagai Tokoh Pembaharu di HKBP.


Ketika Ephorus HKBP, Pdt. Robinson mendengar berita tentang meninggalnya Diak. Nuria pada tanggal 18 April 2021, Ephorus segera memberitahukan kabar ini melalui media sosialnya: "Teman-teman sekalian. HKBP seluruhnya kehilangan  tokoh legendarisnya, Diakones N.D. Gultom (94), pioneer dan pematri pelayanan Diakones. Ia menghembuskan nafas terakhirnya pada Minggu Missiericordias Domini, Bumi ini dipenuhi kasih setia Tuhan."


Karya dan pelayanan Diak.  Nuria bagi kaum butuh sangat menginspirasi banyak pelayan dan masyarakat. Mengingat karya dan pelayanan Diak. Nuria selama hidupnya, Ephorus bersyukur kepada Tuhan dan mengatakan, "Terima kasih Tuhan untuk karyaMu lewat putri kesayanganMu ini, menunjukkan kasih Yesus Kristus kepada kaum butuh."


Pelayanan yang pernah dilakukan oleh Diak. Nuria tidak akan dilupakan begitu saja oleh pelayan dan warga jemaat HKBP, tetapi akan dikenang sepanjang masa. Ephorus mengatakan, "We shall remember her name and be inspired by her Service in the days ahead. We shall see her again in our Creator's heavenly home you have promised us."


Kini jenazah Diak. Schwester Nuria Dumondom Gultom disemayamkan di Rumah Induk Diakones, Kapernaum yang terletak  di Jl. Gereja, No. 17 Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara. Selamat jalan Diak. Nuria. (B-TIK)