"Dungi ninna Jahowa ma: “Ingkon bohingKu donganmu mardalan, asa Hutogihon ho tu hasonangan.”

Lalu Ia berfirman: “Aku sendiri hendak membimbing engkau dan memberikan ketenteraman kepadamu.”"

Musa 33 : 14

Pesta Gotilon HKBP Janji Angkola Tiap Keluarga Persembahkan Padi Satu Karung Besar

Mensyukuri berkat Tuhan melalui panen padi yang melimpah yang warga jemaatnya mayoritas petani, HKBP Janji Angkola yang dipimpin Pendeta Resort Pdt. Japaris Nainggolan merayakan Ibadah Syukur Pesta Gotilon yang dirangkai dengan ibadah Minggu di Gereja HKBP Janji Angkola,  Minggu (21/8/2022).

 

Pesta Gotilon yang dirangkai dengan ibadah Minggu, dalam khotbahnya Pdt. Japaris menyampaikan “Ngolu namarhadaulaton dang sae holan namangulahon ruhutruhut ni ugamo isarani: marpungu, martangiang, marminggu, sermon, alai ingkon sahat do tu na mangulahon aha naniguruhon isara na paholang diri sian pangarupaon, tudutudu ni jarijari dohot paholang  diri sian hajahaton”, pesan Pdt. Japaris.

Tampak dalam Pesta Gotilon bahwa masing-masing keluarga mengusung buah sulung hasil panen padi satu goni besar ke Altar menjadi persembahan ucapan syukur atas berkat Tuhan panen padi melimpah yang diterima warga Jemaat. Warga Jemaat bersama Pelayan juga mengadakan makan bersama untuk mensyukuri berkat Tuhan tersebut. 


Pdt. Japaris menjelaskan, sudah menjadi tradisi di HKBP Janji Angkola setiap keluarga jemaat mempersembahkan satu karung goni ukuran besar berisikan padi empat sampai lima kaleng buah sulung hasil panen padi di bawa ke altar gereja sebagai persembahan ucapan syukur. 

“Setiap keluarga mempersembahkan satu karung goni besar berisikan seberapa banyak benih padi yang mereka tanam, sebanyak itu mereka membawa hasil panennya, itu semata ucapan syukur diluar persembahan bulanan dan persembahan Tahun”, terang Pdt. Japaris 

Musim tanam bulan Januari diawali ibadah “Manabur Boni”, selanjutnya petani berharap dan berdoa Tuhan memberikan hujan dan matahari pada waktunya sehingga bulan Juni sampai bulan Juli tiba waktunya untuk panen.

Dari acara pesta Gotilon HKBP Janji Angkola terkumpul dana, dari sebagian hasil panen-Padi Rp. 9.063.000,-, pengumpulan dana/amplop Rp. 3.840.000, Iyuran/gugu toktok ripe Rp. 6.200.000,-persembahan Rp. 2.494.000,-.(P. Sam – B’TIK).

Pustaka Digital