"Minggu Septuagesima
Topik: GABE SIULAHON HATA I (HIDUP BENAR SESUAI DENGAN HUKUM TUHAN)"

Ev: Jakobus 1 : 22-25/Ep: Jesaya 58 : 1-9a

Praeses Medan Utara Lantik Hartanto Sujoyo Hutabarat Jadi Guru Huria di HKBP Percut


PERCUT, DELI SERDANG - Bertempat di HKBP Percut Resort Percut, Praeses HKBP Distrik XXXI Medan Utara Pdt Suwandi Sinambela STh MPsi melantik Gr Hartanto Sujoyo Hutabarat menjadi Guru Huria yang melayani di HKBP Percut pada Minggu (30/5). Sebelumnya, Hartanto melayani di HKBP Padang Serunai Resort Indrapura Distrik XIV Tebing Tinggi sebagai pimpinan jemaat.

Karena sukacitanya, 21 orang kaum ibu dari HKBP Padang Serunai turut mengantar Hartanto ke tempat pelayanannya yang baru tersebut. Sudah menjadi tradisi pelayanan, setiap pelayan penuh waktu di gereja yang pindah diantar oleh perwakilan jemaat, kecuali tempat pelayanannya sangat jauh.

Jemaat HKBP Percut menyambut rombongan Praeses dan jemaat tamu dengan ramah, sembari para pelayan mempersiapkan diri untuk prosesi ibadah. Sesuai dengan kalender gerejawi, Minggu ini disebut Minggu Trinitatis dengan topik Allah Mengutus PutraNya dan Mengaruniakan RohNya.

Dalam khotbahnya yang didasarkan pada Injil Yohanes 3: 31-36, Praeses Suwandi menyebutkan, pelayanan berkarisma adalah pelayanan yang datang dari Roh Kudus. Ia menguatkan jemaat HKBP Percut kalau penambahan tenaga pelayan itu sangat baik untuk meningkatkan pelayanan gereja.

Suwandi juga berharap kehadiran Hartanto di distrik menambah semangat pelayanan di dalam kesatuan pelayan Tuhan. Distrik Medan Utara merupakan distrik baru yang berdiri sejak 2018, sehingga memerlukan pelayan-pelayan yang enerjik.

Dalam ibadah tersebut, Pendeta HKBP Resort Percut Pdt Ojak Sihite STh melayani sebagai liturgis dan St R Bakara membacakan Surat Ketetapan dari Ephorus dan tugas pelayanan seorang guru huria sesuai dengan Agenda HKBP.

Sintua Nababan dari rombongan Padang Serunai memberikan kata perwakilannya. Mereka berterima kasih atas pelayanan Guru Huria Hartanto selama di Padang Serunai.

Ibu Sianturi (Ompung Enria) mewakili jemaat HKBP Percut memberikan kata sambutan. Jemaat bersukacita atas kehadiran Gr Hartanto yang dapat meningkatkan pelayanan gereja. Hal senada juga diungkapkan Sintua Siregar mewakili Majelis Jemaat HKBP Percut, turut bersyukur atas kedatangan seorang pelayan yang berdidikasi.

Turut melayani di dalam ibadah melalui lagu pujian paduan suara, yakni persekutuan Koor Ina Deboora, Koor Ekklesia, Koor Ina Parari Kamis, Koor Ina Jalan Gereja dan Koor Ama. Dari HKBP Padang Serunai Resort Indrapura juga ikut serta memberikan puji-pujian melalui Koor Ina Pararikamis.

Selesai ibadah dilakukan ramah tamah. HKBP Resort Percut memiliki tiga pagaran yang dilayani, yaitu HKBP Paluh Gelombang, HKBP Pasir Putih, dan HKBP Pakkat. Masing-masing memberikan dua orang perwakilan mengikuti acara ramah tamah tersebut. 

Turut hadir ibu Berestina Nababan (istri Pdt Suwandi Sinambela), ibu Benni Silaban (istri Pdt Ojak Sihite), bersama perangkat distrik dan tim IT distrik.

Kontributor Distrik Medan Utara:
1. Pdt Suwandi Sinambela
2. Pdt Daniel Libertson Manalu